1.000 Relawan PDIP Bantu Korban Gempa Lombok
Tim Baguna PDIP bantu korban gempa Lombok. (Foto: Dok. Baguna PDIP).
Jakarta: Sebanyak seribu orang relawan Badan Penanggulangan Bencana Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (Baguna PDIP) mengirimkan sejumlah bantuan untuk korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Tim Baguna PDIP yang dipimpin Dr Louisa A Langi tiba di lokasi bersama tiga tenaga medis lainnya. Sementara seribu relawan lainnya menyasar Dusun Karang Nangka Desa Sokong Kecamatan Tanjung dan menyebar ke beberapa titik pengungsian di Kabupaten Lombok Utara.

Tim juga dilengkapi dengan tiga mobil ambulans yang dikonsentrasikan di Sembalun, Lombok Timur untuk menangani keadaan darurat. Louisa mengatakan medan yang berat menjadi kendala sehingga belum ada bantuan yang tiba di sana. 


Dia menuturkan saat ini masyarakat dalam kondisi trauma. Hal ini dikarenakan mereka takut masuk rumah akibat seringnya gempa susulan di wilayah tersebut.

Louisa menambahkan, salah satu tantangan terberat dalam penanganan korban gempa ialah harus dirujuk ke rumah sakit besar untuk penanganan lebih lanjut. Namun, sejumlah jalan penghubung rusak berat sehingga menghambat proses evakuasi.

Ketua DPP PDIP Bidang Sosial dan Penanggulangan Bencana PDIP Ribka Tjiptaning menyampaikan tim Baguna juga mengirimkan sejumlah bantuan berupa tenda, mie instan, susu untuk bayi hingga makanan pendamping bayi.

"Dari kemarin sebenarnya kami sudah membicarakan hal ini, mulai dari memberikan bantuan sampai koordinasi, karena Tim Baguna di NTB itu salah satu yang terbesar," ucap dia, dikutip dari keterangan tertulis Baguna PDIP yang diterima Medcom.id, Rabu 8 Agustus 2018.

Dari data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) jumlah korban tewas akibat lindu mencapai 131 orang. Jumlah tersebut terbesar di sejumlah wilayah, dengan rincian 78 orang di Lombok Utara, 24 orang di Lombok Barat, 19 orang di Lombok Timur. Kemudian enam orang di Mataram, dua orang di Lombok Tengah dan dua orang di Denpasar.

Korban luka berat tercatat mencapai 1.477 orang dan jumlah pengungsi sebanyak 165.003 jiwa.



(LDS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id