Politik tanpa Mahar NasDem Disebut Patut Ditiru Parpol Lain

Damar Iradat 30 Juni 2018 15:07 WIB
pilkada serentakpilkada 2018
Politik tanpa Mahar NasDem Disebut Patut Ditiru Parpol Lain
Pengamat Politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio - MI/Rommy Pujianto.
Jakarta: Skema politik tanpa mahar yang diusung Partai NasDem disebut memberi pelajaran positif kepada partai politik (parpol) lainnya. Bahkan, skema itu dinilai patut ditiru oleh parpol lain.

Pengamat Politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio mengatakan, skema politik tanpa mahar yang dijalankan NasDem pada Pilkada Serentak 2018 dinilai sukses. Sebab, politik tanpa mahar ini membuat NasDem sukses mendapatkan pemimpin potensial.

"Karena dengan tanpa mahar mereka bisa mendapatkan sosok pemimpin yang potensial dan cara ini baik untuk diangkat menuju Pilpres 2019 nanti. Cara-cara seperti ini yang harusnya dimiliki oleh parpol lain," kata Hendri di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu, 30 Juni 2018.


Hendri menambahkan, politik tanpa mahar yang diusung NasDem ke depannya akan semakin sukses. Hal tersebut juga bisa diterapkan pada Pileg 2019.

Menurut dia, banyak tokoh masyarakat yang sudah memiliki basis suara cukup besar tapi tidak memiliki kendaraan politik jelang Pileg 2019. NasDem, kata dia, harus bisa memanfaatkan kondisi tersebut.

(Baca juga: Surya Paloh Cerita Pengalaman Politik Tanpa Mahar NasDem)

"Ketika diberi kesempatan jadi caleg, pastinya mereka dengan mudah galang massa untuk dukung mereka," tutur dia. 

Senada, Direktur Eksekutif SMRC, Djayadi Hanan melihat, politik tanpa mahar menjadi salah satu faktor keberhasilan NasDem pada Pilkada Serentak 2018. Menurutnya, politik tanpa mahar memangkas proses negosiasi antara kandidat dengan parpol.

"Karena biasanya negosiasi untuk mengusung itu kan tergantung apakah ada syarat atau tidak. Kalau tidak ada mahar kan mudah," ujar Djayadi.

Partai NasDem membulatkan tekad menggaungkan politik tanpa mahar. Ketua Umum NasDem Surya Paloh mengungkap, NasDem sejatinya bisa meraup pemasukan besar sejak mengikuti pilkada beberapa waktu terakhir jika menerapkan mahar politik.

(Baca juga: Lewat Pilkada, NasDem Tunjukkan Jati Diri)





(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id