Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

3 Poros King Maker Diprediksi Muncul di Pilpres 2024

Nasional pemilu partai politik Pilpres
Anggi Tondi Martaon • 01 Juli 2021 05:16
Jakarta: Direktur Eksekutif Surveylink Indonesia, Wempy Hadir, menyebut ada enam king maker yang sangat menentukan pertarungan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Keenam tokoh penting itu dinilai bakal membentuk sejumlah poros.
 
Poros pertama, yaitu Presiden Joko Widodo, Ketua Umum (Ketum) PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, dan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang disingkat dengan JMP. Lalu, ada poros Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Wakil Presiden ke-12 Indonesia Jusuf Kalla, dan Ketum Partai NasDem Surya Paloh (SJS).
 
"Kelihatannya kalau ada dua calon (presiden), maka poros ini (SJS dan JMP) yang akan menjadi aktor utama dalam membangun koalisi," kata Wempy dalam diskusi Para Syndicate yang dilakukan secara virtual, Rabu, 30 Juni 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia memprediksi poros JMP mendapat dukungan dari PDI Perjuangan, Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Jumlah dukungan di Parlemen mencapai 56,87 persen.
 
Sedangkan, poros SJS terdiri atas Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Kekuatan poros ini di Parlemen mencapai 43,13 persen.
 
Dia menyebut kekuatan di Parlemen bukan penentu kemenangan di Pilpres 2024. Ada faktor lain untuk masyarakat menentukan pilihan calon presiden (capres).
 
"Tapi juga bagaimana dengan rekam jejak capres," sebut dia.
 
Baca: Prabowo Dianggap Dilema Maju Pilpres 2024
 
Wempy menilai poros king maker lain berpotensi muncul pada Pilpres 2024. Yakni, Surya Paloh yang keluar dari poros SJS.
 
Surya Paloh disebut bisa membentuk poros baru bersama Partai Golkar. Koalisi dua partai ini disebut dapat mencalonkan satu pasangan calon (paslon) pada Pilpres 2024.
 
"Ini adalah potensi calon kalau ada tiga poros king maker," ujar dia.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif