Ketua Komisi V DPR Fary Djemy Francis--Dok:DPR
Ketua Komisi V DPR Fary Djemy Francis--Dok:DPR

Komisi V Segera Panggil Kemenhub dan Lion Air

Nasional lion air
Dian Ihsan Siregar • 07 Januari 2019 08:57
Kupang: Komisi V DPR RI segera memanggil Kementerian Perhubungan, serta manajemen Lion Air dan Wings Air. Pemanggilan terkait penghapusan layanan bagasi gratis bagi penumpang domestik yang rencananya mulai diberlakukan pada Selasa, 8 Januari 2019.

"Kami segera memanggil pihak dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kemenhub serta manajemen dua maskapai itu terkait persoalan yang menimbulkan keresahan publik dalam beberapa hari terakhir," kata Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis seperti mengutip Antara, Senin, 7 Januari 2019.

Fary Djemi mengatakan rapat akan menanyakan alasan penghapusan layanan bagasi gratis bagi penumpang domestik. Terkait polemik itu, dia meminta operator maskapai penerbangan nasional senantiasa melaksanakan seluruh peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk ketika ada perubahan prosedur operasional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Setiap maskapai penerbangan harus menaati peraturan perundang-undangan. Artinya bahwa perubahan peraturan harus sampaikan ke pihak Kemenhub," ungkap dia. Dia juga meminta operator maskapai penerbangan nasional dalam hal pengaturan bagasi berbayar bagi maskapai dengan pelayanan standar minimum (no frill) untuk meyosialisasikan pengaturan tersebut kepada seluruh konsumen dan masyarakat agar tidak terjadi miskomunikasi.

Baca: Lion Air dan Wings Air Hapus Bagasi Gratis Mulai 8 Januari

Selain itu, dia menginginkan operator maskapai penerbangan nasional senantiasa melaksanakan dan meningkatkan standar keselamatan dan keamanan penerbangan. Kemudian melakukan peningkatan pengawasan terhadap bagasi yang sebelumnya gratis menjadi berbayar.

"Jangan sampai pencabutan itu tidak dibarengi dengan peningkatan standar keselamatan serta keamanan bagasi," tukas dia.


(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi