Anggota Komisi I M Farhan. Medcom.id/Theo
Anggota Komisi I M Farhan. Medcom.id/Theo

Makna Terselubung Ancaman Boikot G20 dari Menkeu AS

Nasional Amerika Serikat KTT G20 rusia Crosscheck G20
Theofilus Ifan Sucipto • 17 April 2022 10:56
Jakarta: Ancaman Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen untuk memboikot pertemuan G20 bila Indonesia mengundang Rusia dinilai bukan sikap resmi Presiden AS Joe Biden. Namun, ada makna lain di balik pernyataan tersebut.
 
“Sebenarnya itu menegaskan bahwa mereka (AS) sedang betul-betul konsisten menjaga sanksi ekonomi, bukan sanksi yang basa-basi,” kata anggota Komisi I M Farhan dalam Crosscheck Medcom.id bertajuk ‘Ancam Boikot G20, Amerika Intervensi Kedaulatan Presidensi Indonesia’ secara virtual, Minggu, 17 April 2022.
 
Menurut Farhan, Biden masih bisa berkompromi ihwal kehadiran Rusia. Hal itu terlihat dari permintaan Biden agar Presiden Rusia Vladimir Putin tidak diundang ke G20 tahun ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Tapi Biden juga bilang kalau Presiden Indonesia (Presiden Joko Widodo) keberatan, paling tidak Ukraina diundang juga,” ujar politikus Partai NasDem itu.
 
Farhan meminta pemerintah Indonesia berhati-hati merespons ancaman Yellen. Dia mengusulkan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi segera berkomunikasi dengan negara lain, seperti Brasil dan Tiongkok.
 
“Kita mengharapkan menteri-menteri yang menjadi counterpart dari Yellen memberi positioning,” papar dia.
 
Baca: Presidensi G20, Indonesia Berkomitmen Perkuat Kesehatan Global
 
Farhan menyebut komunikasi itu bukan untuk memojokkan satu pihak ihwal kehadiran Rusia di G20. Melainkan mendorong transparansi ihwal sikap seluruh negara.
 
“Kesalahan terbesar diplomasi adalah memojokkan untuk memilih pro atau kontra. Tapi diplomasi modern mengajak orang agar kita bikin posisi bersama,” tutur dia.
 
Sebelumnya, Menkeu AS Janet Yellen mengatakan bahwa Rusia harus dikeluarkan dari forum ekonomi utama G20. Dia juga mengancam Amerika Serikat akan memboikot sejumlah pertemuan G20 jika pejabat Rusia muncul.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif