Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dok. Tangkapan Layar
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dok. Tangkapan Layar

Jokowi: TNI Menjadi Penjaga Utama Kedaulatan Bangsa

Kautsar Widya Prabowo • 05 Oktober 2021 09:25
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi setinggi-tingginya atas kontribusi TNI dalam menjaga kedaulatan bangsa. TNI dinilai telah menjadi penjaga utama kedaulatan bangsa dan menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
 
"Serta, melindungi Bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala ancaman dan gangguan," ujar Jokowi dalam sambutannya saat memimpin upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 TNI, di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa, 5 Oktober 2021.
 
Upacara HUT TNI digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Seluruh tamu undangan dan petugas upacara diwajibkan menggunakan masker serta menjaga jarak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Atas nama rakyat bangsa dan negara, saya sampaikan selamat Hari Ulang Tahun ke-76 Tentara Nasional Indonesia," ujar Jokowi.
 
Baca: Ketua DPR: TNI Perlu Penguatan di Bidang Teknologi
 
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, KSAD Jenderal Andika Perkasa, KSAL Laksamana Yudo Margono, dan KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo hadir dalam upacara HUT tersebut. Bertindak selaku komandan upacara adalah Kolonel Inf Tujung Setyabudi. Sedangkan perwira upacara, yakni Brigjen Novi Helmy Prasetya.
 
Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dan istri, Wuri Esti Handayani Ma'ruf Amin juga mengikuti upacara tersebut. Selain itu, hadir pula Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.
 
Setelah upacara, Presiden berbincang-bincang secara virtual dengan prajurit TNI yang berada di luar negari dan dalam negeri. Presiden juga akan menyapa prajurit TNI yang berada di wilayah perbatasan.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif