Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat/Medcom.id
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat/Medcom.id

Pemerintah Diminta Memastikan Distribusi Bansos Tepat Sasaran

Kautsar Widya Prabowo • 02 Juli 2021 15:19
Jakarta: Pemerintah diminta memastikan tidak ada persoalan pendistribusian bantuan sosial (bansos) saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Kebijakan untuk menekan kasus covid-19 itu dimulai pada Sabtu, 3 Juli 2021.
 
"Isu yang mengemuka terkait bansos saat ini adalah akurasi data penerima yang dinilai masih rendah. Hal ini berpotensi membuat bansos tidak tepat sasaran, akibatnya kelompok masyarakat terdampak PPKM Darurat menanggung beban lebih berat," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, melalui keterangan tertulisnya, Jumat, 2 Juli 2021.
 
Menurut perempuan yang akrab disapa Rerie itu, isu data ganda hingga sejumlah masalah akurasi data penerima bansos harus segera dicarikan solusi. Sehingga, kebijakan PPKM Darurat tidak menciptakan gejolak sosial baru di tengah masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apalagi, pada akhir Mei 2021, masyarakat dikejutkan dengan laporan Menteri Sosial Tri Rismaharini kepada DPR terkait temuan 21 juta data ganda penerima bansos.
 
Baca: Bantu Nakes, Publik Diajak Mengerem Laju Penyebaran Covid-19
 
Rerie meminta momentum penyaluran bansos PPKM Darurat dimanfaatkan pemangku kepentingan. Khususnya, untuk memperbarui data penerima bansos. Dia meyakini jumlah penerima basos akan bertambah.
 
"Selain kelompok masyarakat terdampak kebijakan ada juga kelompok masyarakat yang menjalani isolasi mandiri dan tidak mampu," kata dia.
 
Di sisi lain, politikus Partai NasDem itu mengajak masyarakat yang memiliki penghasilan lebih berperan aktif memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak. Kesetiakawanan sosial nasional harus dibangkitkan untuk memenangi pertempuran melawan covid-19.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif