Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Panja Sepakat Judul RUU TPKS Tak Berubah

Nasional ruu dpr DPR RI RUU PKS kekerasan seksual RUU TPKS
Anggi Tondi Martaon • 17 November 2021 14:56
Jakarta: Panitia Kerja (Panja) sepakat judul Rancangan Undang-Undang (RUU) Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS) tak berubah. Sebagian anggota Panja awalnya mengusulkan agar kata pencegahan dicantumkan dalam judul.
 
"Jadi, judul tetap ya," kata Ketua Panja RUU TPKS Willy Aditya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 17 November 2021.
 
Wakil Ketua Fraksi Partai NasDem di DPR itu menyampaikan alasan judul RUU TPKS tetap dipertahankan agar konteks aturan ini tak meluas. Dengan begitu, RUU TPKS tetap fokus pada proses hukum kekerasan seksual.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Selangkah Lagi, RUU TPKS Disahkan
 
"Jadi, materi muatannya juga sampai ke bawah juga sebangun," ungkap Willy.
 
Sebelumnya, anggota Panja RUU TPKS My Esti Wijayanti mengusulkan unsur pencegahan dicantumkan pada judul. Hal itu agar pencegahan kekerasan seksual berjalan maksimal melalui bakal beleid tersebut.
 
Namun, mayoritas anggota Panja RUU TPKS tak sepakat dengan usulan tersebut. Salah satunya disampaikan anggota Panja RUU TPKS Supriansa yang menilai judul RUU TPKS sudah mencakup masalah pencegahan. 
 
"Adanya UU ini, maka itu adalah bentuk pencegahan terjadinya tindak pidana," kata Supriansa. 
 
Hal senada disampaikan anggota Panja RUU TPKS Muhammad Farhan. Dia menilai unsur pencegahan tetap ada di dalam bakal beleid tersebut meski tidak dicantumkan di judul.
 
"Kita setuju tetap dengan judul yang ada karena bisa mencakup lebih luas sesuai dengan materi muatan yang kita bahas dalam RUU ini," ujar Farhan. 

 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif