Ilustrasi DPR. MI/Bary Fathahillah
Ilustrasi DPR. MI/Bary Fathahillah

Yah, Dikira Blak-blakan! Voting Pemilihan Pengganti Lili Tertutup

Anggi Tondi Martaon • 28 September 2022 13:16

Jakarta: Komisi III akan menggelar pemilihan pengganti Lili Pintauli Siregar yang mengundurkan diri sebagai Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pemilihan dilakukan melalui voting tertutup.

"Pemilihannya voting tertutup, untuk menentukan satu dari dua nama," kata Wakil Ketua Komisi III Adies Kadir saat dihubungi, Rabu, 28 September 2022.

Sebelum voting, Komisi III akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap kedua calon. Komisi yang membidangi hukum itu ingin mengetahui kesiapan para calon.

"Bagaimana dengan kesehatannya, apakah visi dan misinya masih sama dengan yang disampaikan dulu (uji kepatutan dan kelayakan pada 2019). Kurang lebih seperti itu," ungkap dia.

Uji kepatutan dan kelayakan dilakukan siang nanti. Berdasarkan agenda yang diterima Medcom.id, fit and proper test dimulai pukul 14.00 WIB.

Baca: Sat-set, Pengganti Lili Pintauli Dipilih Besok

Sebelumnya, DPR sudah memproses pergantian Lili Pintauli yang mengundurkan diri sebagai Wakil Ketua KPK. Surat presiden (Surpres) dibacakan pada Rapat Paripurna ke-6 Masa Sidang I Tahun 2022-2023.

"Sidang dewan hang terhormat perlu kami beritahukan bahwa pimpinan dewan sudah menerima satu pucuk surat dari Presiden RI Nomor R-44 tanggal 9 September perihal calon anggota pengganti pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)," kata Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 27 September 2022.

Adapun calon pengganti Lili, yaitu I Nyoman Wara dan Johanis Tanak. Pemilihan pengganti Lili akan dilakukan Komisi III sebagai mitra kerja KPK.


 
(AZF)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif