Ilustrasi. Dok Medcom.id
Ilustrasi. Dok Medcom.id

Kongres KNPI di Hotel Sultan Dianggap Tidak Sah

Nasional ormas kepemudaan Organisasi Kepemudaan
Arga sumantri • 16 April 2022 22:34
Jakarta: Ketua bidang Hukum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Medya Rischa Lubis menilai hasil kongres di Hotel Sultan Jakarta, 8-10 April 2022, tidak sah. Kongres yang menetapkan Muhammad Ryano Satrya Panjaitan itu dianggap digelar sepihak.
 
"Padahal mereka tahu bahwa Kongres Pemuda XVI/KNPI yang legitimate baru akan dilaksanakan di Maluku Utara pada tanggal 15 sampai 22 Mei 2022," kata Medya melalui keterangan tertulis, Sabtu, 16 April 2022.
 
Medya mengatakan kongres di Jakarta diinisiasi oleh tiga hingga empat kubu KNPI, namun mengeklaim dihadiri 200 organisasi kepemudaan (OKP) serta 34 DPD KNPI. Ia mempertanyakan keabsahan peserta yang hadir dalam kongres tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pertanyaannya OKP nih versi KNPI yang mana, DPD nih versi KNPI yang mana, apa jangan-jangan asal tulis di daftar hadir langsung dapat tiket masuk hotel begitu?" ucap dia.
 
Sekretaris steering committe (SC) rapat pimpinan paripurna nasional (Rapimpurnas) yang lalu itu mengatakan kongres yang sah hanya yang diselenggarakan DPP KNPI pimpinan Haris Pertama. Sehingga, adanya kongres di Hotel Sultan dinilai semakin memecah belah persatuan pemuda Indonesia.
 
"KNPI ini kan wadah berhimpun, stakeholder-nya adalah OKP tingkat nasional. Coba deh rekan-rekan flashback ke belakang, pada saat Rapimpurnas di Hotel Sultan beberapa waktu yang lalu," ungkap dia.
 
Baca: Haris Pertama Disebut Tolak Undangan Tim 9 Gabung Kongres KNPI
 
Medya mengatakan salah satu amanat Rapimpurnas KNPI yang disepakati OKP nasional adalah verifikasi faktual terhadap para peserta kongres. Ia mengatakan perlu dicek soal keabsahan kepengurusannya yang hadir dalam kongres itu.
 
"SK (surat keputusan) pengurusnya aktif atau tidak, jumlah DPD di daerahnya sudah memenuhi syarat minimum atau tidak, kalau tidak terpenuhi maka tidak bisa jadi peserta kongres," ujar dia. 
 
Muhammad Ryano Satrya Panjaitan terpilih sebagai Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda lndonesia (KNPI) periode 2022-2025. Ryano terpilih secara aklamasi dalam Kongres XVI KNPI yang berlangsung pada 8-10 April 2022.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif