Capres nomor urut 01 Joko Widodo berkampanye di bawah guyuran hujan di Tegal, Kamis, 4 April 2019. Dok. fotografer pribadi: Agus Suparto.
Capres nomor urut 01 Joko Widodo berkampanye di bawah guyuran hujan di Tegal, Kamis, 4 April 2019. Dok. fotografer pribadi: Agus Suparto.

Tak Ada Larangan Presiden Ikut Berkampanye di Pilpres 2024 Asalkan Cuti

Whisnu Mardiansyah • 29 Juli 2022 20:17
Jakarta: Polemik mengenai boleh atau tidaknya Presiden Joko Widodo ikut mengampanyekan salah satu calon presiden (capres) di Pilpres 2024 nanti mulai diperdebatkan. Padahal, tidak ada larangan presiden ikut berkampanya asalkan di luar tugas sebagai kepala negara.
 
"Ada yang bilang, nanti dalam Pemilu 2024, Presiden Jokowi harus netral, jangan ikut pengkampanyekan calon tertentu. Tentu itu hanyalah harapan dan bukan sesuatu yang wajib dipatuhi, karena tidak semua pejabat negara dilarang untuk ikut serta berkampanye dalam pemilu," kata Wakil Ketua Umum Partai Garuda, Teddy Gusnaidi di Jakarta, Jumat, 29 Juli 2022.
 
Menurut Teddy, etis atau tidaknya seorang presiden ikut berkampanye tentu sangat subjektif. Pasalnya, dalam UU Pemilu pun tidak ada larangan seorang presiden ikut berkampanye.
 
Baca: Jokowi Meminta Relawan Tak Terpancing Politik 2024

"Berdasarkan UU Pemilu, bahwa kampanye pemilu yang mengikutsertakan presiden boleh dilakukan dengan syarat tidak menggunakan fasilitas dalam jabatannya, kecuali fasilitas pengamanan dan tentu saja harus cuti. Jadi Jokowi dibolehkan untuk ikut serta pengkampanyekan calon tertentu," jelas Teddy.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal yang sama pun pernah dilakukan Jokowi pada Pemilu 2019 kemarin. Saat itu, selain sebagai kepala negara, Jokowi pun merangkap sebagai calon presiden. Berbagai kegiatan yang bersifat kampanye, Jokowi mengambil cuti saat itu.
 
"Tentu saja dengan syarat-syarat tertentu. Makanya hal ini bukan lagi hal yang tabu dilakukan oleh seorang Presiden. Jadi jangan jadikan polemik kedepan, karena baik secara etika dan aturan Pemilu tidak ada yang salah," ujarnya.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif