Ketua Fraksi NasDem di MPR Taufik Basari. Medcom.id/Fachri
Ketua Fraksi NasDem di MPR Taufik Basari. Medcom.id/Fachri

Demonstrasi Bagian dari Demokrasi, Sikapi dengan Bijak

Anggi Tondi Martaon • 11 April 2022 10:30
Jakarta: Ketua Fraksi NasDem di MPR Taufik Basari menyebut demonstrasi merupakan bagian dari demokrasi. Kegiatan penyampaian aspirasi jangan dilihat sebagai ancaman.
 
“Tapi lihatlah sebagai suatu pengingat bahwa kekuasaan itu adalah amanah yang harus dijalankan dengan nilai-nilai luhur,” kata Taufik melalui keterangan tertulis, Senin, 11 April 2022.
 
Anggota Komisi III itu menyampaikan aspirasi demonstran penting untuk didengarkan. Mereka menyuarakan keresahan terhadap berbagai perkembangan yang terjadi dalam beberapa waktu belakangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Misalnya, adanya gagasan penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden tiga periode. Lalu, permasalahan harga bahan pokok, seperti minyak goreng dan kenaikan bahan bakar minyak.
 
"Aspirasi ini harus disikapi dengan kebijakan yang pro terhadap rakyat," ungkap dia.
 
Baca: 250 Polisi Jaga 8 Titik Perbatasan Tangsel Selama Demo Mahasiswa
 
Taufik mengajak pemerintah dan DPR mengambil sikap positif dan bijak atas tuntutan tersebut. Jangan sampai ada reaksi negatif menyikapi unjuk rasa yang dilakukan mahasiswa.
 
“Mari kita sudahi wacana penundaan pemilu dan masa jabatan tiga periode. Saya juga mengajak pemerintah dan DPR bersama-sama memikirkan cara untuk mengendalikan harga bahan pokok agar tidak menyulitkan masyarakat," sebut dia.
 
Taufik menambahkan sejak awal Fraksi NasDem di MPR menolak usulan amendemen terkait perpanjangan masa jabatan dengan penundaan pemilu maupun mengubah masa jabatan menjadi tiga periode. Fraksi NasDem di MPR sudah mengingatkan gagasan amendemen terbatas terkait usulan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN) dapat membuka kotak pandora untuk isu yang tidak sejalan dengan semangat demokrasi.
 
NasDem mengusulkan agar wacana amendemen terbatas terkait PPHN tidak perlu dibahas pada periode ini. Sehingga tidak terbuka gagasan penundaan pemilu dan masa jabatan tiga periode.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif