Sidang Paripurna ke-4 DPR periode 2019-2024. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri
Sidang Paripurna ke-4 DPR periode 2019-2024. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri

Anggota Dewan Tak Terima Mitra Kerja KLHK Berubah

Nasional Pelantikan Anggota DPR
Nur Azizah • 29 Oktober 2019 17:58
Jakarta: Rapat paripurna penetapan mitra kerja komisi DPR dihujani interupsi. Pangkalnya, pimpinan sidang Azis Syamsuddin menyebut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan berada di Komisi IV.
 
"Interupsi, tadi kami dengar nomenklatur KLHK dipindahkan ke Komisi IV. Padahal, selama ini di Komisi VII. Perusak lingkungan hidup terkait pertambangan di Komisi VII," kata politikus Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Tifatul Sembiring di ruang sidang, Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Selasa, 29 Oktober 2019.
 
Mantan Menteri Kominfo ini meminta KLHK diurus Komisi VII. Dia menilai kerusakan lingkungan berkaitan dengan energi sumber daya mineral.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politikus Golkar Maman Abdurahman sepakat dengan pendapat Tifatul. Dia menilai isu lingkungan tidak bisa dipisahkan dari Komisi VII.
 
"Sumber masalah sektor ESDM juga masalah lingkungan, ketidaktertiban dipenuhi aspek lingkungan. Kalau KLHK ke Komisi IV akan mempengaruhi fungsi pengawasan secara keseluruhan," kata dia.
 
Maman menyebut Komisi VII memiliki agenda besar buat berkoordinasi dengan KLHK. Seperti, merumuskan UU Minerba, UU Energi Terbarukan dan UU Migas.
 
"Gimana kita koordinasi bila KLHK di Komisi IV? Kalau terkait efisiensi dan efektivitas kenapa enggak di Komisi VII?," ujar dia.
 
Azis Syamsuddin menjelaskan pemisahan KLHK dari Komisi VII ke Komisi IV sudah dibahas dalam sidang pengganti badan musyawarah (bamus). Azis berdalih pemindahan KLHK ke Komisi IV buat memudahkan koordinasi.
 
Pimpinan DPR ingin KLHK berada di satu atap. Meski sudah mendengarkan penjelasan Azis, peserta rapat tetap tak terima.
 
"Sehingga kalau ada komplain dan tidak setuju bisa disampaikan melalui fraksi dan dikembalikan ke bamus tapi ini harus jalan dulu. Apakah ini bisa disepakati?" Kata dia dilanjutkan dengan mengetuk palu.
 
Paripurna menyepakati mitra kerja KLHK ialah Komisi IV sesuai keputusan Bamus. Perubahan bisa dilakukan di kemudian hari.

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif