Menteri Agama Fachrul Razi. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Menteri Agama Fachrul Razi. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Cadar Tak Boleh Jadi Ukuran Ketakwaan

Nasional syariat islam menteri agama
Arga sumantri • 07 November 2019 17:34
Jakarta: Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi membantah ingin melarang penggunaan cadar di institusi pemerintahan. Dia hanya tak mau persoalan cadar jadi ukuran ketakwaan seseorang.
 
"Kami ingin cadar ini tidak berkembang dengan alasan ketakwaan, ini yang bahaya menurut kami," ujar Fachrul di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis, 7 November 2019.
 
Menurut dia, ada ragam pendapat mengenai penggunaan cadar. Ada yang menyatakan cadar adalah ciri-ciri muslimah sejati, dan ada yang tak sependapat. Namun, dia mempersilahkan muslimah untuk menggunakan cadar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bagaimana kalau orang mau pakai cadar? Silakan. Tidak pernah kami mengatakan dilarang pakai cadar," ujar dia.
 
Kementerian Agama tak bisa melarang apabila ada instansi tertentu membikin aturan mengenai cadar demi alasan keamanan. Dia mengaku tak berwenang mengatur instansi lain.
 
"Silakan, kalau Anda merasa itu sangat berbahaya orang pakai penutup muka dan sebagainya masuk ke ATM, atau sebagainya itu urusan masing-masing (instansi)," papar dia.
 
Dalam rapat kerja bersama Komisi VIII DPR, Fachrul dicecar terkait polemik rencana pelarangan cadar di institusi pemerintahan. Beberapa anggota dewan menilai pernyataan Fachrul membuat gaduh dan perlu diluruskan.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif