Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh memberikan sambutan saat pembukaan Kongres II Partai NasDem di JIExpo, Jakarta. Foto: Hafidz Mubarak/Antara
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh memberikan sambutan saat pembukaan Kongres II Partai NasDem di JIExpo, Jakarta. Foto: Hafidz Mubarak/Antara

Rangkulan Dicurigai, Surya: Diskursus Politik Paling Picisan

Nasional Kongres NasDem
Whisnu Mardiansyah • 08 November 2019 22:45
Jakarta: Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mempertanyakan sikap partai politik yang mengaku menjalankan nilai-nilai Pancasila. Namun, pada praktiknya justru memusuhi teman.
 
"Rangkul teman, salam teman, tawarkan pikiran-pikiran sama teman, jangan musuhi teman. Itu baru mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Hubungan rangkulan dan tali silaturahmi politik jangan dimaknai dengan berbagai macam tafsir dan kecurigaan," kata Surya Paloh dalam sambutannya di acara kongres NasDem, Jakarta International Expo, Jakarta Utara, Jumat, 8 November 2019.
 
Surya Paloh mengatakan bangsa ini sudah lelah dengan segala intrik dan saling curiga satu sama lainnya. Bahkan, NasDem yang berkunjung ke partai politik lain di luar koalisi pemerintahan tak luput dari curiga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini bangsa model apa seperti ini. Tingkat diskursus politik yang paling picik di negeri ini," tegas dia.
 
Menurut dia, sikap saling curiga dan sinisme jauh dari nilai-nilai Pancasila. Pancasila yang merupakan pegangan bangsa ini tapi tidak dijalankan dengan baik.
 
"Ngakunya partai nasionalis partai yang pancasilais, ya buktikan saja di rakyat yang membutuhkan pembuktian partai mana yang paling menanamkan nilai-nilai Pancasila," tegas Surya.
 
Surya Paloh menegaskan partai politik yang mengundang propaganda bukan berasaskan Pancasila. Meskipun, partai politik tersebut mengeklaim berideologi paling Pancasila dari yang lainnya.
 
"Kalau partai yang masih mengundang cynical propaganda yang kosong mengajak berkelahi satu sama yang lainnya ahh yang pasti itu bukan Pancasilais itu," tegas dia.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif