Saldi Isra. MI/M Irfan
Saldi Isra. MI/M Irfan

5 Januari, Presiden sudah Kantongi 2 Nama Calon Hakim Konstitusi

Nasional hakim konstitusi
Achmad Zulfikar Fazli • 10 Desember 2014 15:31
medcom.id, Jakarta: Tim Panitia Seleksi Calon Hakim Konstitusi yang diketuai Saldi Isra menargetkan 5 Januari sudah menyerahkan nama-nama kandidat kuat calon hakim konstitusi kepada Presiden Joko Widodo.
 
"Diharapkan 5 Januari sudah bisa disampaikan minimal 2 nama, maksimal 3 nama, ke presiden untuk dia memilih 1 calon hakim konstitusi," kata Saldi Isra dalam konferensi pers di Kementerian Sekretaris Negara, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (10/12/2014).
 
Kemudian, sehari setelahnya, Presiden sudah dapat mengeluarkan Keppres terkait dengan pemilihan calon hakim konstitusi yang baru sebelum dilakukan pelantikan pada keesokan harinya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita perkirakan hasil (seleksi nama-nama calon hakim konstitusi) ini sampai di Presiden pada 5 Januari, 6 Januari mudah-mudahan dikeppreskan dan besoknya dilantik," tutur dia.
 
Sementara itu, draf pengumuman perekrutan calon hakim konstitusi baru akan dibuat pada malam ini. Nantinya, calon-calon yang mendaftarkan diri akan dilihat kelengkapan persyaratannya serta dilakukan wawancara oleh beberapa tokoh senior dari pakar hukum.
 
"Calon-calon yang masuk akan diperiksa lalu akan dilihat persyaratan, lalu interview tahap pertama, tes kesehatan diperlukan untuk mengantisipasi. Paling banyak 10 besar akan mengikuti tes tahap 2. Akan ada beberapa tokoh senior (pakar hukum) yang menginterview sekitar 30 atau 31 Desember," ujar dia.
 

(PRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif