Johan Budi--Metrotvnews.com/Desi Angriani.
Johan Budi--Metrotvnews.com/Desi Angriani.

Johan Budi dan Ibas Berebut Kursi di 'Dapil Neraka'

Nasional pileg pemilu serentak 2019
Faisal Abdalla • 15 Agustus 2018 12:24
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerbitkan daftar calon sementara (DCS) pemilihan anggota legislatif Pemilu 2019. Ribuan nama bakal bertarung memperebutkan kursi Senayan.
 
Berdasarkan data DCS sejumlah daerah pemilihan (dapil) seolah menjadi arena pertarungan panas karena mempertemukan nama-nama besar. Salah satunya adalah dapil Jawa Timur VII.
 
Juru bicara kepresidenan Johan Budi dicalonkan oleh PDI Perjuangan di dapil ini. Johan yang baru pertama kali terjun ke Parlemen ditempatkan di urutan nomor satu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lawan tanding Johan di dapil yang meliputi daerah Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, dan Trenggalek tidak bisa dibilang mudah. Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini akan berhadapan langsung dengan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), putra dari Presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono.
 
Ibas dicalonkan Partai Demokrat di urutan nomor 1. Ibas kini duduk di Parlemen dari Komisi X yang membidangi Pendidikan, Olahraga dan Sejarah. Pada Pemilu 2014 Ibas bahkan masuk daftar lima besar anggota legislatif yang mendapatkan perolehan suara tertinggi, yaitu sebanyak 243.747 suara.
 
Meski berhadapan dengan lawan berat, Johan mengaku tidak khawatir. Menurutnya semua daerah pemilihan sama saja.
 
"Dapil sama saja. Yang penting bagaimana masyarakat di sana memilih sesuai denhan pilihannya memilih siapa," kata Johan saat pembekalan bacaleg PDIP, Minggu 5 Agustus 2018.
 
Selain Johan dan Ibas, pertarungan perebutan kursi parlemen juga diramaikan oleh Jessica Herliani Tanoesoedibjo yang dicalonkan oleh Partai Persatuan Indoensia (Perindo) di urutan ke-2. Jessica adalah putri dari Ketua Umum Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo.
 

 
Dapil Jakarta III
 
Di Ibu Kota, arena pertarungan di Dapil Jakarta III juga tidak kalah panasnya. Serangkaian nama beken akan berebut kursi Senayan di daerah yang meliputi Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, dan Jakarta Barat.
 
Salah satu petarung yang akan berlaga di Dapil DKI Jakarta III adalah Abraham Lunggana (Lulung). Lulung yang pindah partai dari PPP ke PAN dipasang di nomor urut 1.
 
Di Dapil ini, Lulung akan bertarung dengan pendatang baru dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie. Grace yang merupakan ketua umum partai tersebut dipasang di nomor urut 5.
 
Pertarungan antara Lulung dan Grace menjadi menarik lantaran keduanya memiliki sikap politik yang berseberangan. Pada masa pemerintahan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Lulung merupakan salah satu pihak yang sangat vokal mengkritik kebijakan Ahok, sementara Grace mendukung Ahok dalam pencalonannya sebagai Gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2017 silam.
 
Selain Lulung dan Grace, Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra juga mencalonkan diri di dapil ini. Pakar hukum tata negara yang kerap mengkritik kebijakan pemerintahan presiden Joko Widodo ini juga dipasang di nomor urut satu.
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif