Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. Foto: Medcom
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. Foto: Medcom

Lestari Moerdijat: Jangan Abai Prokes Meski Kasus Covid-19 Terkendali

Nasional covid-19 pandemi covid-19 Protokol Covid-19 protokol kesehatan Lestari Moerdijat
Fachri Audhia Hafiez • 12 November 2021 08:08
Jakarta: Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) mengatakan momentum penurunan kasus covid-19 nasional perlu dijaga maksimal. Masyarakat diharapkan tak kendur dalam disiplin protokol kesehatan (prokes).
 
"Situasi pandemi yang mulai menunjukkan kondisi terkendali jangan membuat kita lengah, hingga mengabaikan prokes dalam aktivitas sehari-hari," kata Rerie melalui keterangan tertulis, Jumat, 12 November 2021.
 
Penurunan disiplin prokes terjadi di sejumlah wilayah. Salah satunya terkait penggunaan masker.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rerie mengutip temuan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 yang menyebut tingkat kepatuhan memakai masker rendah atau kurang dari 60 persen terjadi di 31 kabupaten atau kota. Kondisi itu terjadi pada 1-7 Oktober 2021.
 
"Disiplin menggunakan masker bagian dari penerapan prokes, jangan sampai ditinggalkan," ujar Rerie.
 
Baca: Satgas Covid-19 Minta Pemda Bersiap Hadapi Libur Nataru
 
Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu mengatakan indikasi penurunan kedisiplinan harus diatasi dengan memberi pemahaman secara konsisten kepada masyarakat. Pada situasi pandemi yang belum berakhir, menerapkan prokes, menjaga kebersihan diri, dan lingkungan mutlak dilakukan.
 
Formula-formula pengendalian covid-19, kata Rerie, harus diterapkan sesuai jalurnya. Selain itu, akselerasi vaksinasi juga menjadi bagian penting dari konsistensi pengendalian covid-19.
 
"Penguatan daya tahan tubuh belum cukup untuk mencegah merebaknya kembali covid-19, tanpa kesadaran masyarakat menegakkan prokes dalam keseharian," ucap Rerie.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif