Ilustrasi ibadah umrah saat pandemi/AFP.
Ilustrasi ibadah umrah saat pandemi/AFP.

Pemerintah Diminta Tuntaskan Permasalahan QR Code Sertifikat Vaksin

Anggi Tondi Martaon • 22 September 2021 15:02
Jakarta: Pemerintah didesak segera menyelesaikan permasalahan quick response code (QR code) vaksin covid-19. Pasalnya, QR code sertifikat vaksin di Indonesia tak terbaca otoritas Arab Saudi.
 
"Sehingga tidak ada kendala bagi warga negara kita yang mau melakukan perjalanan ke Saudi, khususnya jemaah umrah," kata Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto saat dihubungi, Rabu, 22 September 2021.
 
Baca: QR Code Sertifikat Vaksin Indonesia Belum Terbaca di Arab Saudi

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Amanat Nasional (PAN) itu tak ingin permasalahan QR code ini menjadi penghambat umat muslim Indonesia menunaikan ibadah umrah. Pasalnya, sertifikat vaksin syarat mutlak bagi calon jemaah dari luar Arab Saudi melaksanakan umrah.
 
Ada berbagai cara yang bisa dilakukan mengatasi permasalahan QR code sertifikat vaksin. Salah satunya, mengomunikasikan hal ini dengan otoritas Saudi. 
 
"Misalnya dengan Menteri Kesehatan Suadi dan Menteri Urusan Haji, bisa juga dibicarakan sama Dubes Saudi di Jakarta," ujar dia.
 
Informasi QR code vaksin tak terbaca di Arab Saudi pertama kali disampaikan Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali. Menurut dia, hal ini menjadi permasalahan serius.
 
(ADN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif