Gedung DPR di Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Foto: MI/Bary Fathahilah
Gedung DPR di Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Foto: MI/Bary Fathahilah

Komisi XI Persilakan KPK Awasi Fit and Proper Test Calon Anggota BPK

Nasional Partai NasDem BPK berita dpr DPR RI
Anggi Tondi Martaon • 08 September 2021 21:40
Jakarta: Komisi XI DPR RI membantah fit and proper test calon anggota Badan Pengawas Keuangan (BPK) diwarnai praktik transaksional. Pendalaman visi dan misi para calon dipastikan berjalan transparan dan akuntabel.
 
"Komisi XI punya akal sehat masa bisa punya perilaku seperti itu, tidak mungkin," tegas Wakil Ketua Komisi XI Achmad Hatari di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 8 September 2021.
 
Legislator Partai NasDem itu mengimbau semua elemen membantu mengawasi uji kepatutan dan kelayakan. Jika perlu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) aktif mengawasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Itu lebih bagus, biar tidak ada kecurigaan. Jadi ikuti saja nanti sampai dengan sesi terakhir hari ini," ujar dia.
 
Baca: Keinginan Nyoman Adhi Terapkan Digitalisasi Pemeriksaan di BPK Diapresiasi
 
Uji kepatutan dan kelayakan calon anggota BPK sempat dinilai rawan praktik culas. Hal itu disampaikan peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus.
 
Potensi tersebut terjadi karena DPR menjadi penentu lolos atau tidaknya seorang calon anggota BPK. Hal itu didukung dengan hasrat para calon yang ingi menjadi anggota BPK.
 
"Karena itu ya mungkin saja itu permainan uang itu," kata Lucius. 
 
Dia menyampaikan praktik transaksional sempat terjadi sebelumnya dalam perekrutan pejabat publik. Salah satunya pada pemilihan pejabat Bank Indonesia yang menyeret Miranda Goeltom menjadi terpidana. 
 
Hai Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk  https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/Ovo @Rp50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkesan. Salam hangat.

 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif