Menkominfo Johnny G Plate/Istimewa.
Menkominfo Johnny G Plate/Istimewa.

Menkominfo Beberkan Komitmen Pemerintah Berikan Layanan Digital Terbaik

M Sholahadhin Azhar • 23 Desember 2021 15:15
Jakarta: Pemerintah Indonesia membawa tiga isu digitalisasi dalam Presidensi G20 2022. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyebut hal itu sebagai wujud keseriusan pemerintah memberikan layanan digital terbaik kepada masyarakat.
 
“Dalam Forum Digital Economy Working Group, Pemerintah Indonesia menekankan tiga isu prioritas lainnya yaitu berkaitan dengan Conectivity dan Post Covid-19, peningkatan kemampuan digital dan literasi digital, serta pembahasan mengenai cross-border data flow and data free-flow with trust,” kata Johnny dalam Dialog Primetime News Metro TV: Peran Strategis Indonesia di Presidensi G20, Rabu malam, 22 Desember 2021.
 
Menurut Menkominfo, digitalisasi menjadi salah satu faktor penting. Pemerintah mendorong migrasi aktivitas masyarakat ke ruang digital. Dia mencontohkan sektor keuangan di mana banyak masyarakat tak memiliki rekening atau layanan dan fasilitas perbankan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan pelayanan digital terbaik, fasilitas itu bisa didapat dengan mudah. Di sisi lain, Johnny mengatakan pemerintah berkomitmen membangun infrastruktur digital yang merata.
 
“Indonesia juga akan menyampaikan bagaimana keseriusan Bapak Presiden Joko Widodo dan keputusannya untuk memastikan pembangunan infrastruktur TIK yang merata ke seluruh Indonesia, to close the digital divide untuk mempersempit jangan sampai masih muncul kesenjangan digital,” kata Johnny.
 
Pemerintah, kata dia, menginginkan seluruh masyarakat Indonesia terlayani secara digital dengan baik. Sehingga, migrasi aktivitas masyarakat ke ruang digital dapat berhasil dan berlangsung dengan baik.
 
"Dan itu adalah bagian dari perhatian para pemimpin dunia yang akan hadir selama Presidensi G20 Indonesia nanti,” kata Menkominfo.
 
Baca: Segudang Manfaat Presidensi G20 bagi Indonesia
 
Terkait G20, Johnny mengatakan Indonesia menargetkan dua hal dalam Presidensi G20. Pertama, yakni kesuksesan penyelenggaraan dan substansi pembahasan.
 
“Kita harapkan penyelenggaraan akan berlangsung dengan baik. Belajar dari apa yang dilakukan oleh penyelenggara sebelumnya, Indonesia akan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang dilakukan atau yang terjadi pada saat lpenyelenggaraan sebelumnya,” ungkapnya.
 
Menteri Johnny menyatakan dalam kesuksesan yang kedua, Indonesia menargetkan dari sisi substansi pembahasan yaitu: Finance Track dan Sherpa Track. Johnny memerinci, dalam kedua jalur itu terdiri dari Working Group yang meliputi 19 kegiatan. Seluruh kegiatan itu bertujuan menyukseskan pembahasan terkait.

 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif