Menko Polhukam Mahfud MD. MI/M Irfan.
Menko Polhukam Mahfud MD. MI/M Irfan.

Puluhan Aturan Pengamanan Laut Tumpang Tindih

Nasional keamanan laut Omnibus Law Laut Natuna Utara
Sri Yanti Nainggolan • 07 Januari 2020 14:50
Jakarta: Sebanyak 24 undang-undang (UU) tentang penanganan pengamanan laut dinilai tumpang tindih. Pemerintah berencana mengeluarkan omnibus law menyelesaikan masalah itu.
 
"Hari ini di meja saya ada 24 UU yang menyangkut itu, ditambah dua Peraturan Pemerintah (PP) yang agak tumpang tindih," kata Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa, 7 Januari 2020.
 
Mahfud mengatakan UU itu telah memiliki filosofi penanganan pengamanan laut yang tepat. Tapi, aturan itu tumpang tindih dalam sisi penerapan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Entah cukup di PP, bisa kok omnibus dengan PP itu, atau sampai ke UU," tambah dia.
 
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu menjelaskan sejumlah institusi memiliki aturan sendiri terkait penanganan laut. Penegakan hukum pun jadi tumpang tindih.
 
"Misalnya ada satu penanganan hukum di suatu tempat sudah selesai ditanda tangan, tiba-tiba ada institusi lain yang merasa berwenang melepaskan, sehingga lepas. Itu beberapa kali terjadi," jelas Menko Polhukam.
 
Mahfud mengumpulkan kementerian dan lembaga terkait penanganan keamanan laut. Mahfud ingin memperjelas posisi setiap instansi.
 
"Dan kita akan tangani. Termasuk sekaligus masalah pangamanannya, pertahanannya, kelayaan laut; semua sedang dibahas akan mengerucut ke mana," tutup dia.
 
Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Laksdya Bakamla Ahmad Taufiqoerrochman menanggapi positif wacana sinergitas aturan itu. Ia menyerahkan hal itu kepada pemerintah.
 
"Kalau nanti ada kebijakan pemerintah mau mengubah atau mensinergikan kan urusan legislator sama pemerintah, kami pelaksana," kata Taufiq.
 

 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif