Kabareskrim Komjen Idham Azis. ANT/Reno Esnir.
Kabareskrim Komjen Idham Azis. ANT/Reno Esnir.

Komisi III Bakal Korek Visi Misi Calon Kapolri

Nasional Kabinet Jokowi-Maruf calon kapolri
Nur Azizah • 30 Oktober 2019 09:47
Jakarta: Komisi III DPR RI bakal menggelar uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri pada Rabu, 30 Oktober 2019. Uji kelayakan dan kepatutan digelar usai mengunjungi kediaman Kabareskrim Komjen Idham Aziz di Panglima Polim, Jakarta Selatan.
 
Idham menjadi calon tunggal menggantikan posisi Jenderal Tito Karnavian. Ketua Komisi III Herman Hery mengatakan dalam uji kelayakan dan kepatutan Idham wajib menjabarkan visi dan misi.
 
"Dalam fit and proper test(uji kepatutan dan kelayakan) tentu ada mekanisme, semua anggota punya hak bertanya tentang apa saja, tentu terkait utamanya visi misi dalam hal memimpin Polri ke depan," kata Herman di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Rabu, 30 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Idham juga harus menjelaskan rencana kerja jika terpilih memimpin Polri. Setelah uji kelayakan dan kepatutan, Komisi III akan memutuskan di rapat tingkat pertama. Setelah itu, keputusan akan dibawa ke sidang paripurna untuk disahkan.
 
"Bila semua anggota setuju (Idham menjadi calon kapolri) maka fit and proper test akan selesai malam ini," ungkap dia.
 
Politikus PDI Perjuangan ini menilai Idham sosok ideal menjadi Kapolri. Menurutnya, Presiden Joko Widodo tak salah pilih.
 
"Komjen Idham Aziz adalah figur yang mempuni, dalam hal ini saya menilai Presiden tidak salah menunjuk figur yang bersangkutan. Figur ini adalah figur yang tertib, dingin, dan punya jam terbang," pungkas Herman.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif