Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Legislator Disebut Tak Menolak Idham Azis

Nasional calon kapolri
Ilham Pratama Putra • 28 Oktober 2019 12:11
Jakarta: Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menyebut Komjen Idham Azis berkompeten menjadi Kapolri. Dia menyebut anggota dewan tak masalah dengan calon pengganti Tito Karnavian itu.
 
"Saya belum melihat ada penolakan pada sosok yang dikirim oleh presiden tersebut," kata Sufmi di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin 28 Oktober 2019.
 
Sufmi menyebut dalam waktu dekat surat presiden terkait pergantian Kapolri bakal dibawa ke Komisi III. Selanjutnya, dilakukan uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test pada Idham.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Insyallah hari ini, paling lambat besok (diserahkan ke Komisi III)," tutur Sufmi.
 
Dia menjelaskan dalam fit dan proper test rekam jejak Idham bakal dikuliti. Komisi bakal menilai kemampuan Idham menghadapi tantangan sebagai Kapolri.
 
Politikus Gerindra itu berharap proses penunjukan Kapolri baru tak memakan waktu lama. "Kita akan lihat hasil rapat pimpinan dan badan musyawarah pada hari ini. Insyallah proses-proses yang diharapkan bisa dapat berjalan tidak terlalu lama," tutur dia.
 
Presiden Joko Widodo menunjuk Komjen Idham Azis menggantikan Jenderal Tito Karnavian. Tito mendapat penugasan baru dari Jokowi sebagai Menteri Dalam Negeri.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif