Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian/Medcom.id/M. Sholahadin Azhar
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian/Medcom.id/M. Sholahadin Azhar

Catat! Ini Ketentuan Mendagri Terkait Pelaksanaan Halal Bihalal

Nasional Kemendagri Pencegahan Covid-19 Protokol Covid-19 protokol kesehatan Lebaran 2022
Nia Deviyana • 24 April 2022 14:11
Jakarta: Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menerbitkan surat edaran (SE) Mendagri terkait pelaksanaan halal bihalal perayaan Idulfitri 1443 Hijriah. Terdapat catatan yang ditujukan kepada Gubernur/Wali Kota sebagai pedoman penerapan kebijakan di daerah masing-masing guna mengantisipasi penularan covid-19.
 
SE tersebut menerangkan kegiatan halal bihalal menyesuaikan level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) daerah kabupaten/kota yang ditetapkan dalam Inmendagri terkait.
 
"Serta mengoptimalkan posko penanganan corona virus disease di tingkat desa dan kelurahan wilayah Sumatra, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua," tulis surat edaran tersebut, dikutip Medcom.id, Minggu, 24 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: 312.755 Kendaraan Meninggalkan Jabotabek via 4 Gerbang Tol
 
Maksimal tamu yang hadir dalam halal bihalal, yaitu 50 persen dari kapasitas tempat untuk daerah yang masuk kategori PPKM level 3. Lalu, 75 persen untuk daerah yang masuk kategori level 2.
 
"Dan 100 persen untuk daerah yang masuk kategori level 1," lanjut SE tersebut.
 
Selanjutnya, untuk tamu dengan jumlah di atas 100 orang, makanan dan minuman harus disediakan dalam kemasan yang bisa dibawa pulang. Serta tidak boleh ada makanan atau minuman yang disajikan di tempat (prasmanan)
 
"Harus dihindari acara makan-makan ramai yang membuat peserta membuka masker," jelas SE tersebut.
 
Masyarakat diimbau tetap melaksanakan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Adapun kebijakan prokes diatur pemda masing-masing daerah.
 
(DEV)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif