Menag Yaqut Cholil Qoumas. Foto: Kemenag/Humas
Menag Yaqut Cholil Qoumas. Foto: Kemenag/Humas

Larangan Warga Arab Saudi ke Indonesia Dipastikan Tak Memengaruhi Penyelenggaraan Haji

Antara • 25 Mei 2022 23:58
Jakarta: Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memastikan larangan kebijakan pemerintah Arab Saudi yang melarang warganya ke sejumlah negara termasuk Indonesia tak memengaruhi penyelenggaraan ibadah haji 1443H/2022M. Penyelenggaraan ibadah haji berjalan sesuai jadwal.
 
"Saya kira tidak, otoritasnya berbeda. Tapi, sejauh saya berkomunikasi dengan Pemerintah Arab Saudi ini tidak ada pengaruhnya dan mudah-mudahan ini bisa dicabut," kata Menag di Jakarta, Rabu.
 
Pemerintah Arab Saudi mengumumkan larangan bepergian bagi warganya ke-16 negara, termasuk Indonesia. Pelarangan buntut kasus covid-19 yang melonjak pekan lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, jemaah haji gelombang pertama akan diberangkatkan dari Tanah Air ke Madinah Arab Saudi pada 4 Juni 2022. Berbagai layanan bagi jemaah haji sudah siap baik akomodasi, konsumsi, dan lainnya.
 
Baca: Tembus 50 Derajat Celsius, Calon Jemaah Haji Diminta Waspadai Suhu Ekstrem
 
Yaqut bahkan melakukan kunjungan kerja ke Arab Saudi untuk memastikan persiapan layanan jemaah haji. Dia mengecek langsung hotel yang akan ditempati jemaah serta mencoba mengendarai bus yang disiapkan untuk mengangkut jemaah haji.
 
Akomodasi baik di Mekah maupun Madinah sudah sesuai standar dan berfungsi dengan baik. Begitu juga dengan transportasi berupa bus yang disiapkan untuk melayani jemaah.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif