DPD Dorong Mahasiswa Pahami Politik
?Wakil Ketua DPD RI Ahmad Muqowam (Foto:Dok.DPD)
Jakarta: Wakil Ketua DPD RI Ahmad Muqowam meminta mahasiswa agar aktif dan memahami politik. Hal itu sebagai upaya membentuk mahasiswa memiliki karakter yang cerdas berpolitik.

"Hal yang harus dilakukan adalah bagaimana mengelola politik sebagai jalan kemaslahatan bagi masyarakat. Ini bisa dilakukan sesuai dengan peran tugas dan fungsinya," kata Muqowam pada acara Sinau Politik yang diselenggarakan Senat Mahasiswa Fakultas Dakwah di IAIN Salatiga, Kamis, 1 November 2018.

Salah satu peran yang bisa diambil sebagai bentuk partisipasi politik yaitu memberikan suara saat pemilu. Pemilu merupakan roh penting dalam demokrasi. Cara lainnya ialah dengan aktif mengikuti gerakan mahasiswa.


"Dengan pendidikan politik maka akan tumbuh kesadaran berpolitik mahasiswa yang pada akhirnya mahasiswa bisa memimpin dan mengubah masyarakat ke arah yang dicita-citakan," ucap Muqowam.

Selain mendorong mahasiswa aktif berpolitik, Muqowam menyosialisasikan kewenangan dan tugas baru DPD RI terkait pemantauan dan evaluasi  atas rancangan peraturan daerah (raperda) dan peraturan daerah (perda).

Dalam forum tersebut, Muqowam juga menggambarkan pola relasi yang  produktif dalam pembangunan, antara fungsi-fungsi di DPR, DPD, bersinergi dengan pemerintah melalui kementerian. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghasilkan UU yang memiliki pemihakan yang jelas bagi daerah, memperjuangkan kepentingan dua daerah sesuai dengan aspirasi masyarakat.



(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id