Mahfud MD di Haul ke-9 Gus Dur. Medcom.id/Fachrie Audhia Hafiez
Mahfud MD di Haul ke-9 Gus Dur. Medcom.id/Fachrie Audhia Hafiez

Sportivitas Berdemokrasi Gus Dur Patut Ditiru

Nasional haul gus dur
Fachri Audhia Hafiez • 22 Desember 2018 06:03
Jakarta: Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengatakan banyak hal yang perlu ditiru dari sosok Presiden ke-4 RI, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Salah satunya, soal sportivitas dalam berdemokrasi.
 
"Ya semangat sportifitas dalam demokrasi, semua orang memilih menggunakan haknya karena demokrasi," kata Mahfud saat menghadiri haul ke-9 Gus Dur di Ciganjur, Jakarta, Jumat, 21 Desember 2018.
 
Mahfud mengatakan, kunci sportivitas berdemokrasi Gus Dur terbagi tiga. Pertama, kebebasan setiap orang menyatakan pendapatnya. Kemudian, setiap orang harus diperlakukan sama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ketiga, penegakan hukum. Habis itu demokrasi akan hidup," ujar Mahfud.
 
Menurut Mahfud, sangat relevan bila membicarakan berdemokrasi ala Gus Dur jelang pileg dan pilpres 2019. Selain itu, tema haul yang diangkat mengenai sisi kemanusiaan, dipandang beririsan dengan perpolitikan nasional.
 
"Dalam berpolitik kita harus menuju kemanusiaan, mari kita berkontestasi dengan baik. Kemudian kita selenggarakan negara ini bersama-sama oleh yang menang atau kalah di dalam posisi masing-masing. Saya kira itu yang sering dipesankan oleh Gus Dur," pungkas Mahfud.
 

 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif