Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin/Medcom/Ahmad Mustaqim
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin/Medcom/Ahmad Mustaqim

Menkes Ingin RUU Kesehatan Hadirkan Dokter dari Sabang sampai Merauke

M Iqbal Al Machmudi • 30 Maret 2023 01:47
Jakarta: Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan Rancangan Undang-Undang (RUU) Kesehatan mengatasi masalah produksi dan distribusi dokter spesialis ke daerah-daerah. Sehingga, seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke terjangkau pelayanan dokter.
 
"RUU Kesehatan harus memastikan agar negara hadir dan bertanggung jawab dalam memenuhi layanan kesehatan kepada masyarakat. Hak masyarakat atas akses dan kualitas layanan kesehatan merupakan tujuan utama dari perubahan RUU ini," kata Budi di Jakarta, Rabu, 29 Maret 2023.
 
Menurut dia, hal tersebut merupakan hal utama yang harus dipastikan dalam RUU Kesehatan. RUU itu mesti memenuhi hak-hak masyarakat atas pelayanan kesehatan di Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya yakin rancangan undang-undang kesehatan ini akan memiliki peran krusial dalam menyukseskan agenda transformasi kesehatan Indonesia," kata dia.
 
Budi mengatakan setelah pandemi covid-19 hingga hari ini, mayoritas masyarakat Indonesia belum memiliki akses dan kualitas pelayanan kesehatan yang layak. Selain itu, masih banyak anak Indonesia masuk dalam kategori stunting, ratusan ribu masyarakat kita yang meninggal karena penyakit jantung, stroke, kanker, dan ginjal.
 
Baca: Ketersediaan Dokter Indonesia Belum Standar Negara Berkembang

Di sisi lain terbatasnya fasilitas medis serta minimnya jumlah dokter dan dokter spesialis membatasi akses layanan kesehatan bagi masyarakat. "Kurangnya dokter dan dokter spesialis telah menyebabkan antrian sangat panjang bagi pasien menunggu hingga berbulan-bulan untuk mendapatkan layanan operasi," ujarnya.
 
Tidak jarang masih terjadi masyarakat di daerah-daerah harus berjalan berhari-hari. Bahkan, harus menggunakan kendaraan yang mungkin tidak layak untuk digunakan dalam rangka mengakses layanan kesehatan dasar.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id.

 
(ADN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif