Ilustrasi air bersih/Medcom.id
Ilustrasi air bersih/Medcom.id

Kemenkes Targetkan 100% Akses Air Layak Minum hingga 2024

Theofilus Ifan Sucipto • 23 Maret 2022 09:02
Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menargetkan masyarakat memiliki akses terhadap air minum yang layak dan aman. Target itu bakal dikejar hingga 2024.
 
“Pemerintah Indonesia menargetkan 100 persen akses air minum layak dan 15 persen akses air minum aman di tahun 2020 hingga 2024,” kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu dalam keterangan tertulis, Rabu, 23 Maret 2022.
 
Maxi mengatakan akses air minum aman 11,9 persen per 2020. Kemudian 40,8 persen masyarakat menggunakan sarana air minum yang bersumber dari air tanah, selain sarana air minum perpipaan, dan depot air minum.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Selain itu sebanyak 14,8 persen rumah tangga di Indonesia menggunakan sumur gali untuk keperluan minum dengan tingkat risiko cemaran tinggi dan amat tinggi,” papar Maxi.
 
Baca: Generasi Muda Harus Punya Literasi Pengelolaan Air
 
Dia menyebut buruknya kualitas air berkaitan dengan peningkatan stunting pada balita. Sebab, air kotor mengandung mikroorganisme patogen dan bahan kimia lainnya yang menyebabkan anak mengalami penyakit diare dan environmental enteric dysfunction (EED).
 
Pemerintah segera menindaklanjuti dengan melakukan surveilans kualitas air minum rumah tangga pada 34 provinsi di 34 kabupaten/kota. Tujuannya, untuk menilai dan melakukan upaya untuk mengurangi kejadian penyakit berbasis lingkungan.
 
“Masyarakat juga diimbau bijak menggunakan air tanah dan menjaga kualitas dengan menghentikan praktik BABS terbuka dan terselubung,” ujar Maxi.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif