Ilustrasi pemilu/Medcom.id.
Ilustrasi pemilu/Medcom.id.

Kriteria Capres Pilihan Generasi Melek Digital

Kautsar Widya Prabowo • 19 Mei 2022 15:33
Jakarta: generasi digital natives disebut memiliki beberapa kriteria terkait calon presiden di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Generasi melek digital itu dinilai memilih sosok solutif. 
 
"Mayoritas generasi digital sebesar 66,5 persen akan memilih capres yang mampu memecahkan masalah real rakyatnya," ujar peneliti senior Lembaga Survei Jakarta (LSJ) Fetra Ardianto dalam konferensi pers daring, Kamis, 19 Mei 2022. 
 
Selain itu, survei membeberkan 15,2 persen generasi melek digital melihat capres dari rekam jejaknya. Sebanyak 5,6 persen responden melihat visi misi atau program kerja dan 4,2 sisanya melihat pengalaman kepimpinan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Safari Prabowo Dinilai Positif Generasi Melek Teknologi
 
"Sementara faktor-faktor primodial seperti latar belakang agama dan suku bangsa kurang signifikan untuk dijadikan pertimbangan dalam memilih," kata Fetra.
 
Selanjutnya, responden menjawab pertanyaan terkait karakter dan kepribadian capres yang diinginkan. Mayoritas 68,2 persen ingin capres yang jujur, bersih, dan tidak pernah tersandung kasus korupsi. 
 
"Seorang calon presiden yang tegas dan konsisten juga cukup disukai publik," kata Fetra.
 
Survei menggunakan 1.225 sampel dari generasi natives berusia 15-35 tahun. Generasi ini dipilih lantaran memiliki proporsi berkisar 43,0 persen di Indonesia.
 
Survei ini dilakukan pada 15-28 April 2022 di 34 Provinsi seluruh Indonesia. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara tatap muka dengan pedoman kuisioner. 
 
Proses penentuan jumlah responden menggunakan metode Lemeshow dengan margin of error kurang lebih 2,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif