Ketua DPR Puan Maharani. Foto: Ilham Pratama/Medcom.id
Ketua DPR Puan Maharani. Foto: Ilham Pratama/Medcom.id

Semua Kementerian Diminta Satu Suara Soal Natuna

Nasional indonesia-tiongkok Laut Natuna Utara
Whisnu Mardiansyah • 06 Januari 2020 17:00
Jakarta: Ketua DPR Puan Maharani meminta semua kementerian satu suara soal klaim Tiongkok di Laut Natuna Utara. Semua kementerian harus mendukung upaya diplomasi yang dilakukan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).
 
"Seluruh kementerian dan lembaga harus satu suara mendukung sikap tegas Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) mengutamakan upaya diplomasi dengan Republik Rakyat Tiongkok, dan tetap bersikap tegas dalam menjaga kehormatan dan eksistensi kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," kata Puan di Jakarta, Senin, 6 Januari 2019.
 
Puan menegaskan upaya menekan Tiongkok agar enyah dari Natuna harus mengutamakan diplomasi damai. Namun, caranya tetap harus tegas dengan menyatakan Laut Natuna Utara bagian dari kedaulatan Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena itu tidak ada alasan bagi Indonesia untuk membiarkan wilayahnya diklaim negara lain," tegas Puan.
 
Pemerintah Tiongkok pun didesak menghormati hukum internasional soal batas laut. Hal itu tertuang dalam UNCLOS 1982 yang telah diratifikasi oleh Tiongkok.
 
"Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), TNI Angkatan Udara (AU), dan Polair harus meningkatkan patroli di wilayah laut Indonesia, terutama di wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE)," kata Puan.
 
Puan meminta Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Badan Keamanan Laut (Bakamla) menambah jumlah armada kapal patroli di perairan. Para nelayan Indonesia harus bebas mencari ikan di wilayah perairannya.
 
"Pemerintah harus menambah armada kapal yang dikhususkan untuk melakukan patroli di kawasan ZEE, sehingga kedaulatan wilayah Indonesia selalu terjaga dan dapat mendampingi kapal-kapal nelayan milik Indonesia, terutama di Natuna," pungkas dia.
 

 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif