Wakil Presiden Jusuf Kalla sekaligus Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI). MI/Bary.
Wakil Presiden Jusuf Kalla sekaligus Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI). MI/Bary.

JK Imbau Masjid Tak Menjadi Tempat Pertentangan Politik

Nasional jusuf kalla pengajian politik pemilu serentak 2019 Demo Massa Penolak Pemilu
Achmad Zulfikar Fazli • 21 Mei 2019 04:19
Jakarta: Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) berharap masjid bisa dihindari dari berbagai kegiatan politik. Jamaah juga diminta tidak menggunakan masjid untuk kepentingan politik tertentu.
 
"Saya harapkan masjid-masjid tidak dimanfaatkan, digunakan untuk mempertentangkan dan tempat pertentangan politik jamaah," kata JK dalam sambutannya pada acara buka bersama DMI dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin, 20 Mei 2019.
 
Di sisi lain, JK menjelaskan masjid bukan hanya tempat untuk berbicara agama, tapi memberikan kemakmuran kepada masyarakatnya. Dia menilai akan berbahaya bila kemakmuran tidak menjadi perhatian, karena bisa memicu ketidakadilan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dulu awalnya kita bekerja sama (dengan) masjid setiap Jumat, karena itu perlu hubungan antara masjid dengan bank terdekat, supaya membangun syariah terdekat. Seperti, bank syariah jamaah bukan hanya BUMN," ujar dia.
 
Dia pun berharap fungsi masjid bisa dikembalikan untuk kemajuan dan keamanan negara. Dia juga ingin masjid menjadi tempat ramah anak.
 
"Dan juga harapan masjid bagaiamana menjaga keamanan," ucap dia.
 
Sekelompok orang bakal berdemo pada 22 Mei 2019. Aksi itu bertepatan dengan pengumuman Pemilu 2019 oleh KPU. Demo dilakukan lantaran mereka menuding terjadi kecurangan dalam pemilu.
 
Para massa disebut akan singgah di masjid yang berada di sekitar Ibu Kota. Sebanyak 27 masjid disebut akan menjadi tempat persinggahan aksi kedaulatan rakyat pada 22 Mei 2019. Sejumlah masjid bahkan mengizinkan peserta untuk menginap dalam rangka menghadiri aksi demo di depan KPU.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif