Ketua DPR Puan Maharani. MI/Susanto
Ketua DPR Puan Maharani. MI/Susanto

DPR: RUU BPIP Berbeda dengan HIP

Nasional gbhn ruu dpr RUU Haluan Ideologi Pancasila
Kautsar Widya Prabowo • 16 Juli 2020 15:54
Jakarta: Ketua DPR Puan Maharani menyebut konsep Rancangan Undang-Undang (RUU) Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) berbeda dengan RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP). RUU BPIP untuk memperkuat substansi Peraturan Presiden terkait Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.
 
"RUU BPIP yang terdiri atas 7 Bab dan 17 Pasal, berbeda dengan RUU HIP yang berisikan 10 Bab dan 60 pasal," ujar Puan dalam konferensi pers di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 16 Juli 2020.
 
Puan menjelaskan substansi pasal-pasal RUU BPIP hanya memuat tentang tugas, fungsi, wewenang, dan struktur kelembagaan BPIP. Ia memastikan tidak ada pasal-pasal yang dapat mimicu kontroversi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"(Pasal) penafsiran filsafat dan sejarah Pancasila dan lain-lain sudah tidak ada lagi," jelas dia.
 
(Baca: Pemerintah Serahkan Konsep RUU BPIP ke DPR)
 
DPR dan pemerintah sepakat tidak membahas RUU BPIP sebelum mendapat masukan dari masyarakat. Puan menyebut masyarakat diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk mempelajari, memberi saran, masukan, dan kritik.
 
Ia berharap tidak ada lagi kegaduhan di tengah masyarakat terkait RUU HIP. Dia menyebut segala pertentangan pemikiran dan sikap harus diakhiri.
 
"Kita kembali hidup rukun dan damai serta kompak bergotong royong melawan pandemi covid-19 dan dampak-dampaknya," jelas dia.
 
Namun, baik DPR maupun pemerintah tidak memberikan kepastian keberlanjutan RUU HIP. RUU tersebut masih masuk Prolegnas Prioritas 2020.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif