Ilustrasi: MI
Ilustrasi: MI

Asosiasi Media Siber Dorong Pemberitaan Sehat

Nasional jurnalistik industri digital
Candra Yuri Nuralam • 21 Agustus 2020 11:26
Jakarta: Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) menginginkan pemberitaan media daring di Indonesia bekerja sesuai kaidah. Hal ini akan dibahas dalam kongres kedua AMSI.
 
“Setelah tiga tahun berdiri dan resmi menjadi konstituen Dewan Pers, tentu saja AMSI masih memerlukan pembenahan dan penguatan organisasi, serta membantu pengurus wilayah membangun ekosistem industri digital di tingkat lokal demi terciptanya industri media yang sehat dan berkelanjutan,” kata Ketua AMSI Wens Manggut melalui keterangan tertulis, Jumat, 21 Agustus 2020.
 
Di sisi lain, Ketua Steering Committee Kongres Kedua AMSI Hery Trianto mengerti seluruh media siber sedang menghadapi krisis keuangan di tengah wabah virus korona (covid-19). Namun, Hery meminta media siber tidak melupakan makna jurnalistik yang sesungguhnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Media kini tengah berupaya memperpanjang napas untuk bertahan sembari berharap bencana ini segera berlalu, dan ekonomi kembali pulih,” ujar Hery.
 
Ketua Panitia Kongres Kedua Maryadi mengatakan kongres akan digelar secara virtual. Hal ini dilakukan karena wabah virus korona memaksa manusia mengurangi kontak langsung.
 
“Kongres juga bertujuan menguatkan kemandirian ekosistem digital Indonesia dengan menghasilkan rekomendasi-rekomendasi kepada pemerintah yang bisa dijadikan dasar kebijakan dalam membangun ekosistem digital," tutur Maryadi.
 
Baca: Menimbang Prioritas Wacana: dari Lucinta hingga Korona
 
Kongres kedua AMSI digelar Sabtu dan Minggu, 22 sampai 23 Agustus 2020. Pertemuan itu akan mematangkan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) AMSI. Selain itu, AMSI akan memilih ketua dan pengurus baru untuk periode 2020 sampai 2023.
 
Pembukaan kongres akan dihadiri sejumlah tamu undangan dari kalangan tokoh pers, industri media, dan umum. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dijadwalkan menjadi pembicara kunci. 
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif