Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri menyampaikan sambutannya dalam perayaan hari ulang tahun partai ke-45. Foto: MI/Susanto.
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri menyampaikan sambutannya dalam perayaan hari ulang tahun partai ke-45. Foto: MI/Susanto.

Megawati Diprediksi Tak Terbendung

Nasional pdi perjuangan
Arga sumantri • 18 Juni 2019 15:39
Jakarta: Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Eva Sundari meyakini kongres partai yang bakal digelar Agustus 2019 tidak akan memilih tokoh baru sebagai ketua umum (ketum). Kongres akan kembali meminta Megawati Soekarnoputri melanjutkan kepemimpinannya di 'Partai Banteng'.
 
"Setelah menang double victory (pemilihan legislatif dan pemilihan presiden) di sini enggak bisa lepas dari Ibu Mega," kata Eva di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa, 18 Juni 2019.
 
Sekretaris Badan Pendidikan dan Pelatihan DPP PDIP itu menyatakan kongres tidak akan secara spesifik memilih sejumlah jabatan baru seperti wakil ketua umum atau ketua harian. Kongres akan memberikan mandat kepada Megawati untuk menentukan nama-nama yang mengisi jabatan baru tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ketum terpilih, nanti beliau yang nyusun sekjen (sekretaris jenderal) dan ketua-ketua (DPP). Jadi perkiraanku nanti itu untuk memperbarui mandat ketum," ungkap dia.
 
Baca: DPP Bantah Percepatan Kongres PDIP untuk Copot Megawati
 
Menurut Eva, bila menerima kembali mandat sebagai ketua umum secara aklamasi sesuai permintaan dari peserta kongres, Megawati yang akan membentuk pengurus pusat partai. Namun, Eva belum mau membocorkan kemungkinan nama-nama yang bakal menjabat pengurus PDIP periode mendatang.
 
"Aku enggak tahu. Ojo aku sing ngomong (jangan aku yang bicara)," ujar dia.
 
Sebelum gelaran kongres, DPP PDIP rencananya menggelar rapat kerja nasional (rakernas), besok. Rakernas membahas persiapan menjelang Kongres V PDIP yang rencananya akan digelar pada 8-10 Agustus 2019.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif