Partai Golkar. Foto: Medcom.id/Rakhmat Riyandi.
Partai Golkar. Foto: Medcom.id/Rakhmat Riyandi.

Kader Golkar Dipersilakan Berkompetisi dengan Airlangga

Nasional partai golkar
Arga sumantri • 26 Juni 2019 20:03
Jakarta: Anggota Fraksi Golkar di DPR Hetifah Sjaifudian mempersilakan bila ada kader yang ingin maju sebagai calon ketua umum (caketum) di forum musyawarah nasional (Munas). Golkar membuka ruang yang luas bagi mereka yang ingin mencalonkan diri.
 
"Boleh saja yang merasa punya satu visi untuk bisa memperbaiki organisasi tentu saja dibuka ruang seluas-luasnya," kata Hetifah di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu, 26 Juni 2019.
 
Menurut dia, bila memang ada beberapa kandidat yang maju, proses mencari pemimpin terbaik bagi Golkar tentu lebih terbuka. Namun, proses harus dibuat lebih transparan, misalnya dengan mengadakan forum debat atau konvensi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jika prosesnya itu lebih transparan dan juga lebih terbuka kaya misalnya saja debat, konvensi, ya menarik juga saya kira dalam proses rekrutmen leader," ujar dia.
 
Ia mengatakan Golkar sudah berpengalaman menggunakan metode konvensi dalam pemilihan calon ketua umum. Situasi itu dianggap menunjukkan kalau Golkar tak pernah kekurangan kader untuk menjadi pemimpin.
 
Ketua Umum Kelompok Perempuan Partai Golkar (KPPG) itu meyakini Ketum Golkar Airlangga Hartarto juga sosok yang terbuka. Ia yakin Airlangga tak berkukuh harus ada calon tunggal dalam bursa caketum Golkar.
 
"Kader-kader Golkar yang merasa punya jagoan-jagoan baik laki-laki atau perempuan juga boleh saja," ujarnya.
 
Hetifah melihat iklim demokratis harus diciptakan dalam tubuh partai Golkar. Namun, ia juga menyarankan agar keberlangsungan partai juga menjadi perhitungan. "Di preferensi kita bisa dilihat tantangan ke depan apa? orangnya seperti apa?" ujar dia.
 
Baca:Belum Ada Alasan Kuat Mempercepat Munas Golkar
 
Hetifah berpendapat kepemimpinan Airlangga masih relatif baik. Selama satu tahun memimpin, Airlangga dianggap mampu menyelamatkan partai dari keterpurukan akibat konflik internal yang panjang.
 
"Bisa mempertahankan posisi yang baik itu juga satu prestasi. Jadi dia (Airlangga) juga oke kalau mau maju lagi, banyak yang mendukung karena dianggap juga cukup bisa membawa Golkar," ujar dia.
 
Golkar dijadwalkan menggelar munas untuk memilih ketum periode mendatang. Hingga saat ini, baru Airlangga Hartarto yang memastikan diri maju lagi sebagai ketum. Selain Airlangga, nama yang santer maju sebagai caketum, yakni Wakil Koordinator Bidang Pratama Golkar Bambang Soesatyo.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif