Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto - Medcom.id/Arga Sumantri.
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto - Medcom.id/Arga Sumantri.

PDIP Kukuh Amendemen UUD 1945

Nasional Amendemen UUD 45
Arga sumantri • 14 Agustus 2019 13:14
Jakarta: PDI Perjuangan kukuh mengusulkan amendemen terbatas UUD 1945. Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebut amendemen dibutuhkan demi masa depan bangsa.
 
"Amendemen tidak kembali ke masa lalu. Amandemen terbatas menatap masa depan, agar Indonesia bisa bergerak maju, terencana, dan bisa menjadi pemimpin di antara bangsa-bangsa," kata Hasto di Jakarta, Rabu, 14 Agustus 2019.
 
Ia meyakini amendemen yang diusulkan tanggung jawab masa depan. Hal ini agar Indonesia memiliki petunjuk arah dan kepastian bagi seluruh gerak pembangunan nasional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Hasto, amendemen terbatas justru akan menjadi warisan kepemimpinan Presiden Joko Widodo yang visioner. "Pak Jokowi itu kader PDI Perjuangan. Apa yang telah dilakukan Presiden Jokowi justru akan menjadi dasar bagi rancangan haluan negara tersebut," tutur dia.
 
(Baca juga:PDIP Dinilai Arogan)
 
Hasto mengatakan melalui amendemen bakal ada keberlangsungan konsepsi kepemimpinan Jokowi pada posisi Indonesia sebagai poros maritim dunia. Semuanya diletakkan dalam cita-cita 50 hingga 100 tahun ke depan.
 
"Jadi akan ada direction terhadap penguasaan teknologi, pengembangan ilmu pengetahuan dasar, dan pengembangan SDM yang hebat dan mumpuni," jelasnya.
 
Ia menambahkan haluan negara memuat kebijakan pokok pembangunan dan jalan tranformasi. Ini agar Indonesia secepatnya maju dan kembali disegani karena kekuatan domestik yang berkontribusi dalam peradaban dunia.
 
"Haluan negara akan mengubah cara pandang bangsa, menjadi outward looking, dan hal tersebut akan mengikat seluruh lembaga tinggi negara, seluruh pemerintahan dari pusat hingga daerah, untuk bergerak dalam satu irama yang sama, kemajuan Indonesia," pungkas dia.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif