Presiden Joko Widodo (tengah) bersama dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto (kiri). -- Foto: MI/M. Irfan
Presiden Joko Widodo (tengah) bersama dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto (kiri). -- Foto: MI/M. Irfan

Pengamat: Restu Jokowi Sangat Penting Bagi Golkar

Nasional partai golkar munas golkar
M Sholahadhin Azhar • 19 Juli 2019 02:36
Jakarta: Peneliti Habibie Center, Bawono Kumowo, mengamati konstelasi politik di tubuh Partai Golkar, khususnya terkait Musyawarah Nasional. Bawono menyebut restu Presiden Joko Widodo memengaruhi regenerasi di partai tersebut.
 
"Sebagaimana ketika terjadi suksesi dari Setnov kepada Airlangga Hartarto beberapa tahun lalu," kata Bawono di Jakarta, Kamis, 18 Juli 2019.
 
Menurutnya, dukungan moril dan politik dari mantan Gubernur DKI Jakarta itu, sangat berpengaruh. Mengingat Golkar merupakan salah satu partai yang diandalkan dalam koalisi. Terutama untuk mengawal kebijakan pemerintah di parlemen, termasuk Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan demikian, penting bagi Jokowi untuk memastikan dukungan dari pimpinan Golkar. Namun Bawono menyebut, hal ini tak akan diberikan Jokowi secara serampangan. Beberapa hal menjadi penilaian, misalnya terkait hasil pemilihan legislatif Partai Golkar.
 
"Bisa jadi akan memengaruhi pemberian dukungan moril dan politik tersebut," beber Bawono.
 
Nama politikus Golkar yang hampir dipastikan maju dalam bursa pemilihan ketua umum Golkar pada Munas 2019 yakni Airlangga Hartarto dan Bambang Soesatyo.
 
Airlangga sebagai petahana telah mengisyaratkan memperoleh dukungan dari para DPD Golkar serta dorongan dari Presiden Joko Widodo. Dorongan itu tercermin dari pertemuan Airlangga beserta pimpinan DPD Golkar dari 34 provinsi dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor beberapa waktu lalu.
 
Menurut DPP Golkar, dalam pertemuan itu tersirat Presiden merasa nyaman dengan Golkar di bawah kepemimpinan Airlangga. Sementara itu, Bambang Soesatyo juga menyatakan mendapat dukungan sejumlah pihak untuk maju dalam munas mendatang.
 
Sebelumnya, dukungan kepada Airlangga juga diberikan oleh organisasi sayap Golkar, Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR). Keputusan itu diambil setelah DPP MKGR menggelar rapat pleno, Selasa, 2 Juli 2019.
 
"Sudah disepakati bahwa DPP Ormas MKGR mendukung sepenuhnya Bapak Airlangga Hartarto untuk sukses terpilih sebagai calon Ketua Umum DPP Partai Golkar," kata Wakil Ketua Umum Ormas MKGR Tumpal Sianipar.
 


 

(BOW)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif