Amien Rais diminta mundur sebagai Ketua Dewan Kehormatan PAN. Foto: MI/Pius Erlangga.
Amien Rais diminta mundur sebagai Ketua Dewan Kehormatan PAN. Foto: MI/Pius Erlangga.

Kisruh PAN Dinilai Menggambarkan Situasi Koalisi Oposan

Nasional partai amanat nasional
Arga sumantri • 27 Desember 2018 02:19
Jakarta: Internal Partai Amanat Nasional (PAN) kembali bergejolak. Kali ini, lima pendiri PAN melayangkan protes dan meminta Amien Rais mundur sebagai Ketua Dewan Kehormatan PAN.
 
Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Arya Sinulingga menilai kisruh PAN secara tidak langsung menggambarkan situasi koalisi oposan.
 
"Kita lihat bahwa di pihak lawan kita terjadi goncangan-goncangan di internal mereka sendiri," kata Arya di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 26 Desember 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Arya membaca dari sejumlah pernyataan para pendiri PAN kalau ada yang tidak beres dalam tubuh partai berlambang matahari itu. Perdebatan dalam tubuh PAN, kata dia, bukan hanya soal pilihan politik, tapi juga soal kebangsaan.
 
"Bagaimana ikatan satu bangsa itu bisa rapuh kalau apa yang dilakukan oleh Pak Amien Rais terus dilakukan," ujarnya.
 
Baca juga: Lima Pendiri PAN Desak Amien Rais Mundur
 
Bagi Arya, gejolak yang terjadi dalam PAN juga bisa menjadi sinyal untuk kondisi koalisi Prabowo Subianto-Sandiaga Uno secara menyeluruh. Arya meyakini koalisi oposan juga tengah tergoncang.
 
"Karena pilihan politik dan tidak realistisnya pilihan-pilihan mereka dengan kondisi pilpres sekarang," ungkap Politikus Perindo itu.
 
Lima pendiri PAN meminta Amien Rais mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua Dewan Kehormatan PAN. Amien Rais dianggap telah merusak prinsip-prinsip dasar partai.
 
Kelima orang yang mendesak mundur yakni Abdillah Toha, Albert Hasibuan, Goenawan Mohamad, Toeti Heraty, dan Zumrotin. Saran agar Amien mundur ditulis dalam surat terbuka.
 

(HUS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif