PAN: Asman Abnur adalah Waqaf Politik

M Sholahadhin Azhar 11 Agustus 2018 04:40 WIB
kabinet kerja
PAN: Asman Abnur adalah Waqaf Politik
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asaman Abnur dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. ANT/Wahyu Putro.
Jakarta: Partai Amanat Nasional (PAN) tak mempersoalkan posisi kadernya Asman Abnur yang menjabat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi. Menurut Wakil Ketua Umum PAN Hanafi Rais posisi Asman merupakan waqaf politik dari PAN.

"Ketika ada menteri dari PAN masuk kabinet ini, itu kita istilahkan sebagai waqaf politik," kata Hanafi di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Jumat, 10 Agustus 2018.

Artinya, kata dia, Asman bukan lagi sepenuhnya milik partai. Sebab menjadi menteri merupakan pertimbangan presiden, bukan kewenangan dari partai politik. Hanafi menyebut pihaknya tak memiliki kuasa untuk mempertahankan Asman.


"Itu kan otonomi presiden untuk menentukan nasibnya sepeti apa," katanya.

Lebih lanjut, Hanafi menegaskan partainya tak terlalu mempersoalkan posisi Asman. PAN memberikan kebebasan kepada Asman menentukan sikap politik.

PAN, kata Hanafi, tak akan ikut campur karena sudah mengikhlaskan Asman. "Silakan saja (mundur). Tapi namanya sudah waqaf untuk bangsa ya kita tak intervensi. Itu juga tergantung presiden karena sudah menjadi anak buah presiden," tandasnya.



(DRI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id