Pemilihan Penambahan Pimpinan DPD Ditunda
Ketua Panitia Perancang Undang-Undang (PPUU) DPD Gede Pasek Suardika. Foto: MI/ Susanto
Jakarta: Pemilihan penambahan pimpinan DPD RI ditunda. Berdasarkan rapat Panitia Musyawarah (Panmus) DPD, alasan penundaan karena  hal teknis.

Ketua Panitia Perancang Undang-Undang (PPUU) DPD Gede Pasek Suardika mengatakan, jika dipaksakan pemilihan saat ini, calon terpilih belum bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Pasalnya, hal teknis, seperti personalia wakil ketua, penganggaran dan lain sebagainya belum siap. 

"Sehingga kita sepakati untuk ditunda dulu di masa sidang yang akan datang nanti langsung pemilihan," kata Pasek, di depan ruang sidang paripurna DPD di Nusantara V Kompleks Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis, 31 Mei 2018.


Senator asal Bali itu menyebutkan, pihaknya ingin calon terpilih bisa menjalankam tugasnya dengan baik. Terlebih, pimpinan DPD yang baru nanti mengemban tugas cukup berat, yaitu melaksanakan tugas pengawasan, evaluasi Peerda dan rancangan Perda.

"Karena itu ini lembaga yang sangat teknis yang barus disiapkan tidak bisa asal-asalan ya. Secara politis dipilih abis itu teknis tidak bekerja, jadi kita anggap itu malah bisa kurang pas," ungkap mantan Ketua Komisi III DPR RI periode 2009-2014.

Saat ditanya kapan pemilihan akan dilakukan, Pasek menyebut dalam masa sidang kali ini akan dilakukan. "Kita harapkan sampai Juni ini sudah selesai semua. Semua sudah berjalan karena kalaun ditunda terlalu lama tidak bagus juga," ujar dia.

Seperti diketahui, DPD RI menyepakati penambahan pimpinan. Kesepakatan tersebut merupakan tindaklanjut aturan tata tertib (Tatib) DPD RI yang telah disahkan dalam sidang paripurna pembukaan masa sidang V Tahun 2017-2018.

Pimpinan sidang sekaligus Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono menyampaikan, rencananya pemilihan akan dilakukan pada sidang paripurna luar biasa. Rencananya, pemilihan akan dilakukan pada 31 Mei 2018.

"Telah disepakati melalui rapat Panitia Musyawarah (Panmus) kemaren, Bahwa kita akan mengagendakan sidang paripurna luar biasa untuk pemilihan satu unsur pimpunan DPD RI pada 31Mei 2018," kata Nono di ruang sidang paripurna DPD RI di Kompleks Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa, 22 Mei 2018.




(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id