Pengamat Politik Pangi Syarwi. (Foto: Medcom.id/Sholahadhin Azhar)
Pengamat Politik Pangi Syarwi. (Foto: Medcom.id/Sholahadhin Azhar)

Golkar Diminta Mencontoh NasDem, PDIP dan PKB

Nasional partai golkar munas golkar
M Sholahadhin Azhar • 11 Juli 2019 21:02
Jakarta: Partai Golkar diminta mencontoh Partai NasDem, PDI Perjuangan dan PKB dalam menyelenggarakan musyawarah nasional. Golkar perlu mempercepat munas seperti ketiga partai tersebut.
 
"Lebih cepat tentu lebih baik. Kalau lambat, koordinasinya tentu akan susah juga ke depan," kata pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago di Jakarta, Kamis, 11 Juli 2019.
 
Koordinasi dengan presiden dan wakil presiden terpilih, Joko Widodo-Ma'ruf Amin dinilai akan lebih terjamin bila munas dipercepat. Langkah itu juga menjamin kepastian, utamanya terkait dukungan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Pangi, niatan itu bakal dilakukan oleh NasDem, PDIP, dan PKB. Dengan percepatan munas, mereka juga bisa merekomendasikan nama menteri bersamaan dengan penyusunan pimpinan parlemen.
 
"Jadi tidak akan ada lagi tarik menarik kepentingan," ujar dia.
 
Nama politikus Golkar yang hampir dipastikan maju dalam bursa pemilihan ketua umum Golkar pada Munas 2019 yakni Airlangga dan Bambang Soesatyo.
 
Airlangga selaku petahana telah mengisyaratkan memperoleh dukungan dari para DPD Golkar serta dorongan dari Presiden Joko Widodo. Dorongan itu tercermin dari pertemuan Airlangga beserta pimpinan DPD Golkar dari 34 provinsi dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor beberapa waktu lalu.
 
Menurut DPP Golkar, pertemuan itu menyiratkan Presiden merasa nyaman dengan Golkar di bawah kepemimpinan Airlangga. Sementara itu, Bambang Soesatyo menyatakan mendapat dukungan sejumlah pihak untuk maju dalam munas mendatang.
 
Sebelumnya, dukungan kepada Airlangga juga diberikan organisasi sayap Golkar, Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR). Keputusan itu diambil setelah DPP MKGR menggelar rapat pleno, Selasa, 2 Juli 2019.
 
"Sudah disepakati bahwa DPP Ormas MKGR mendukung Bapak Airlangga Hartarto untuk terpilih sebagai calon Ketua Umum DPP Partai Golkar," kata Wakil Ketua Umum Ormas MKGR Tumpal Sianipar saat dihubungi, Selasa, 2 Juli 2019.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif