Waketum Partai Demokrat Syarief Hasan. Foto: MI/Angga.
Waketum Partai Demokrat Syarief Hasan. Foto: MI/Angga.

Demokrat Yakin Kenangan Manis dengan PDI Perjuangan Terulang

Nasional mpr
Sri Yanti Nainggolan • 22 Juli 2019 15:11
Jakarta: Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Demokrat Syarief Hasan optimistis partainya diperhitungkan dalam pemilihan ketua MPR. Ia berharap kenangan manis antara Demokrat dan PDIP pada periode pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bisa terulang.
 
"Partai Demokrat punya sejarah dekat dengan PDI Perjuangan pada 2009, periode SBY. Demokrat pemenang pemilu, PDI Perjuangan oposisi," kata Syarief saat ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Senin 22 Juli 2019.
 
Menurut dia, pada periode 2009-2014, ketua MPR diduduki politikus senior PDI Perjuangan Taufik Kiemas, kemudian digantikan Sidarto Danusubroto. Sementara itu, ketua DPR dipegang Marzuki Alie dari Partai Demokrat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengulangan sejarah tersebut, kata Syarief, akan baik untuk bangsa. Syarief tak memungkiri Demokrat juga menginginkan kursi ketua MPR. Namun, pihaknya tidak terburu-buru karena waktu penentuan masih cukup lama, sekitar dua bulan lebih.
 
"Kami sebenarnya juga ingin tapi kita lihat bagaimana perkembangannya," kata anggota Komisi I DPR itu.
 
Baca juga: Argumen Gerindra Incar Kursi MPR Dianggap Tak Relevan
 
Namun, Partai Demokrat belum menentukan kapan akan dilakukan lobi antara fraksi dengan ketua umum. Terkait nama yang dicalonkan, ia juga belum bisa menyebutkan karena keputusan ada di Ketua Umum Demokrat SBY.
 
Selain adanya sejarah manis, Syarief juga juga tak menampik posisi Demokrat bisa diterima semua pihak karena tidak memiliki resistensi dengan partai koalisi. Pengalaman juga menjadi suatu hal yang membuat Demokrat siap diajak berkoalisi.
 
"Sangat siap. Karena kita punya pengalaman dengan PDI Perjuangan. Sejarah ini patut menjadi pelajaran," ungkap dia.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif