Capres dan cawapres nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. ANT/Akbar Nugroho.
Capres dan cawapres nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. ANT/Akbar Nugroho.

Jokowi Butuh Menteri 'Gila' Kerja

Nasional presiden jokowi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 20 Juni 2019 19:22
Jakarta: Pendiri Lembaga Survei KedaiKOPI Hendro Satrio menilai Presiden Joko Widodo membutuhkan kabinet ideal untuk mengambil sejumlah keputusan gila demi bangsa dan negara. Para menteri yang dipilih harus bisa menerjemahkan visi dan misi Jokowi.
 
Rencana mengambil keputusan gila tak akan tercapai jika Jokowi masih membagikan kursi kepada partai koalisi. Kabinet harus diisi sosok mumpuni.
 
"Apabila dia lebih banyak merekrut menteri-menteri seperti Susi Pudjiastuti, Basuki, Bambang Brodjo, dan menteri bagus-bagus lainya dan memang mampu menerjemahkan visinya dalam dalam bentuk kerja dan monumental hasilnya kelihatan. Maka hal tersebut bisa dilakukan Pak Jokowi," kata Hendro dalam diskusi Ngopi Bareng Lagi dengan tajuk Siapa Bisa Jokowi, di Kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis 20, Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Jokowi Bagikan 3.200 Sertifikat Tanah ke Warga Gresik
 
Hendri menanggapi rencana Jokowi membagi pemilihan menteri berdasarkan usia. Tindakan ini dinilai membuat Jokowi fokus terhadap implementasi.
 
Jokowi disebut tak lagi memikirkan porsi menteri dari kalangan profesional dan partai politik. Ia lebih memilih menteri yang dinilai mampu menerapkan ide dan gagasannya.
 
"Jadi tidak terlalu banyak lagi pembicaraan tentang menteri dari parpol, berasal dari profesional semuanya ahli implementatif," ujarnya.
 
Para menteri juga harus mampu mendukung program pembangunan sumber daya manusia Jokowi. Para menteri harus menyadari pentingnya pengembangan sumber daya manusia.
 
"Menteri harus bisa terjemahkan bahwa pembangunan SDM ini penting, tidak lagi melulu tentang infrastruktur tidak lagi melulu planning-planning. SDM itu dilaksanakan. Kita lihat lah mungkin ada revolusi mental jilid dua nanti," pungkasnya.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif