Muhammad Ryano Satrya Panjaitan (ketiga dari kanan) maju sebagai calon Ketum KNPI. Istimewa.
Muhammad Ryano Satrya Panjaitan (ketiga dari kanan) maju sebagai calon Ketum KNPI. Istimewa.

Ingin Satukan KNPI, Ryano Panjaitan Optimistis Maju Jadi Calon Ketua Umum

Juven Martua Sitompul • 07 April 2022 19:37
Jakarta: Muhammad Ryano Satrya Panjaitan resmi mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) periode 2022-2026. Salah satu alasan Ryano maju sebagai calon ketua umum ialah ingin menyatukan KNPI menjadi satu pimpinan.
 
"Jadi alasan majunya saya sebagai Ketum KNPI adalah panggilan jiwa untuk mendorong dunia bisnis kepada pemuda yang bernaung di organisasi kepemudaan. Tujuannya, agar pemuda mempunyai peran dalam berbisnis," tegas Ryano usai menggelar deklarasi di Jakarta, Kamis, 7 April 2022.
 
Presiden Perserikatan Organisasi Kepemudaan Nasional (Poknas) itu mengaku bersyukur dukungan terus datang dari berbagai organisasi kepemudaan (OKP). Dia belum mau bicara banyak saat disinggung apakah ada dukungan dari kalangan pemerintah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Alhamdulillah sudah banyak teman-teman dari berbagai organisasi kepemudaan memberikan dukungan kepada saya. Tentu dukungan ini menjadi kepercayaan yang saya harus jalankan dengan baik," kata dia.
 
Ryano juga menggagas dan mengusung visi activistpreneur. Ini merupakan ide mendorong aktivis muda yang memiliki kemandirian ekonomi dan tidak sekadar mengejar politik kekuasaan dan jabatan yang berujung pada pragmatisme atau politik transaksional.
 
"Saya ingin mendorong spirit pergerakan pemuda sebagai agen transformasi di era 4.0 menuju society 5.0. Gagasan ini diharapkan jadi diskursus publik sebagai gagasan orisinilnya mendorong transformasi politik kekuasaan menuju politik kesejahteraan dalam memajukan Indonesia menuju se-abad Republik Indonesia di 2045," ucap dia.
 
Ryano berharap kongres berlangsung secara adil. Terpenting berjalan dengan aman.
 
"Bismillah saya siap untuk berkompetisi secara sehat, fair, dan demokratis sesuai dengan mekanisme yang ditetapkan secara organisasi oleh DPP KNPI," ucap dia.
 
Baca: Elite KNPI Sepakat, Rapimpurnas Momentum Awal Penyatuan Organisasi
 
Dia juga ingin kongres penyatuan kali ini menjadi akhir dari polemik yang terjadi di tubuh KNPI. Organisasi kepemudaan di tingkat nasional diharap bersatu menyukseskan kongres tersebut.
 
"Kita harus menjadi pemuda yang kuat dan untuk mewujudkan itu kita harus bersatu, pemuda solid, Indonesia bangkit," tegas dia.
 
Kongres XVI Pemuda/KNPI akan diselenggarakan pada 8-10 April 2022 di Hotel Sultan, Jakarta. Kongres akan dihadiri oleh seluruh OKP yang berhimpun di KNPI dan Seluruh DPD KNPI se-Indonesia.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif