Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Parpol Dianggap Gagal Hadirkan Calon Pemimpin Bangsa

Nasional partai politik cawapres capres Prabowo Subianto Ganjar Pranowo Pilpres 2024
Anggi Tondi Martaon • 04 Desember 2021 16:34
Jakarta: Mayoritas hasil survei Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 didominasi tokoh yang tidak memiliki partai. Hal itu dinilai sebagai kegagalan partai politik dalam menghadirkan calon pemimpin bangsa.
 
"Ini justru menjadi kritikan bagi parpol. Justru tokoh yang tidak punya partai punya elektabilitas," kata pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, saat dihubungi, Sabtu, 4 Desember 2021.
 
Menurut dia, partai harus mulai memperhatikan hal tersebut. Pasalnya, partai menjadi salah satu pihak yang wajib menciptakan calon pemimpin bangsa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sehingga ke depan kepemimpinan bangsa itu lahir dari parpol. Bukan seperti saat ini, orang-orang di luar partai yang memiliki elektabilitas tinggi," ungkap dia.
 
Baca: Mensesneg: Sampai Hari Ini Tidak Ada Rencana Reshuffle
 
Dia mengakui jika ada sejumlah tokoh parpol yang memiliki elektabilitas tinggi. Salah satunya, Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra Prabowo Subianto.
 
"Itu pun karena Prabowo sudah lama menjadi capres (calon presiden) dan cawapres (calon wakil presiden) makanya stabil elektabilitasnya," sebut dia.
 
Elektabilitas tinggi juga dimiliki Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo yang merupakan kader PDI Perjuangan. Namun, niat menjadikan Ganjar sebagai pemimpin bangsa terkendala restu partai.
 
Selain Prabowo dan Ganjar, tidak ada lagi tokoh partai yang mendapatkan elektabilitas besar. Ujang menilai hal itu terjadi karena sejumlah sebab. Salah satunya, demokratisasi di internal partai yang bermasalah dan proses kaderisasi yang tidak berjalan dengan baik.
 
"Sehingga yang muncul itu-itu juga. Lalu, parpol tidak menjadi tempat kawah candradimuka bagi kepentingan bangsa karena kaderisasi tidak jelas," ujar dia.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif