Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Medcom.id/Kautsar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Medcom.id/Kautsar

Jelang Rakernas NasDem, CSIS: Anies Berpotensi Kuat Diusung Jadi Capres

Nasional Partai NasDem capres rakernas nasdem Anies Baswedan Pilpres 2024 Capres NasDem
Medcom • 04 Mei 2022 21:26
Jakarta: Partai NasDem akan memilih calon presiden (capres) 2024 dalam rapat kerja nasional atau rakernas di Jakarta pada 15-17 Juni 2022. Peneliti CSIS Arya Fernandez menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sangat berpotensi diusung sebagai capres.
 
Menurut Arya, ada empat indikator utama yang diperlukan partai pimpinan Surya Paloh ini. Yaitu, sosok dengan tren suara yang meningkat dan bisa diterima partai politik (parpol) lain.
 
Selain itu, kandidat yang diusung harus bisa memberikan efek suara untuk Partai NasDem. Lalu, bukan kader parpol tertentu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dari indikator tersebut, kemungkinan yang paling tinggi nilainya adalah Anies," ujar Arya saat dihubungi, Rabu, 4 Mei 2022.
 
Menurut dia, efek suara bagi NasDem lebih kecil daripada ke PDIP jika mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Sebab, Ganjar merupakan tokoh partai berlambang kepala banteng tersebut.
 
Arya mengatakan mengusung Anies akan memengaruhi pola koalisi dan konstelasi politik nasional. Keputusan NasDem dinilai bisa memengaruhi sikap politik partai menengah, seperti PKS, Partai Demokrat, serta PAN, karena pilihannya sedikit.
 
"Kalau NasDem bisa memberikan kepastian lebih cepat, ini akan mengunci posisi partai-partai atau mendorong untuk segera menentukan. Kalau mereka abu-abu atau menentukan di akhir waktu, tentu bisa kehilangan posisi strategis dalam koalisinya nanti," ucap Arya.
 
Baca: Pendukung NasDem Aceh Ingin Anies Jadi Capres
 
Arya mengapresiasi langkah NasDem yang akan memberikan keputusan cepat ihwal capres yang akan diusung. Sikap ini dinilai baik karena memberikan waktu bagi masyarakat untuk menilai dan mendapatkan referensi calon presiden.
 
"Kalau pemilih baru mengetahui capres di akhir, ini seperti beli kucing dalam karung. Tidak fair bagi pemilih," ujar dia.
 
Meski rakernas Partai NasDem belum berlangsung, sejumlah nama yang akan diajukan sudah terdengar, di antaranya Ganjar, Anies, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Bahkan, nama Menteri BUMN Erick Tohir terdengar dalam beberapa perbincangan soal NasDem.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif