Menhan Prabowo Subianto dikunjungi Menteri Keuangan Singapura Lawrence Wong. Foto: Istimewa.
Menhan Prabowo Subianto dikunjungi Menteri Keuangan Singapura Lawrence Wong. Foto: Istimewa.

Prabowo Dinilai Punya Pengaruh di Kancah Politik Global

Arga sumantri • 18 Mei 2022 20:20
Jakarta: Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan Menteri Keuangan Singapura H.E. Lawrence Wong, Selasa, 17 Mei 2022. Kunjungan ini dinilai mencerminkan peran strategis Prabowo dalam kancah politik global.
 
Pengamat hubungan internasional Dinna Prapto Raharja menilai kunjungan Lawrence membuktikan pengaruh Prabowo dalam posisi politik luar negeri Indonesia di tengah situasi dunia saat ini, utamanya perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina.
 
"Dalam hal ini Prabowo tidak dilihat melulu karena jabatannya sebagai Menhan, tetapi juga peranannya memengaruhi posisi luar negeri Indonesia," ucap Dinna kepada wartawan, Rabu, 18 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pendiri lembaga Synergy Policies ini menjelaskan Lawrence bukan hanya berkunjung dalam kapasitasnya sebagai Menkeu Singapura. Lawrence adalah calon pengganti Lee Hsien Loong sebagai Perdana Menteri Singapura setelah terpilih sebagai pemimpin Partai Aksi Rakyat (PAP) yang berkuasa di Singapura pada Kamis, 14 April 2022.
 
"Ini menunjukkan bahwa Lawrence bukan hanya berkunjung dalam kapasitasnya sebagai Menkeu, tetapi sebagai calon pemimpin Singapura," ujar Dinna.
 
Baca: Bertemu Presiden Vietnam, Menhan Prabowo Jajaki Kerja Sama Industri Pertahanan
 
Dinna menerangkan dalam perspektif negara Singapura, urusan pertahanan kemanan dan ekonomi adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan  Singapura adalah negara yang selalu ingin selangkah di depan negara-negara lain.
 
"Dalam mencari tahu posisi politik luar negeri Indonesia, baik urusan pertahanan keamanan maupun ekonomi,” ujarnya
 
Prabowo dan Lawrence diketahui membahas hubungan bilateral antara kedua negara di bidang pertahanan. Indonesia memandang Singapura sebagai negara sahabat dan mitra strategis yang penting.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif