Indonesia Semakin Optimistis di Era Kepemimpinan Jokowi
Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Menpora Imam Nahrawi (kiri) dan Ketua Inapgoc Raja Sapta Oktohari. Foto: MI/Rommy Pujianto
Jakarta: Indonesia dalam performa terbaik saat dipimpin Presiden Joko Widodo. Pandangan ini tertuang dalam buku berjudul 'Indonesia Optimis: Indonesia Kerja, Indonesia Maju' karya Ngasiman Djoyonegoro.

Direktur Eksekutif Center of Intelligence and Strategic Studies (CISS) itu menyebut, Indonesia berada di jalur yang benar dalam menyongsong Indonesia Emas 2045. Apalagi, masyarakat optimistis Indonesia bisa menjadi negara maju.

"Masyarakat makin opitimis bahwa Indonesia bisa menjadi negara maju menyusul Amerika dan China untuk menjadi kampiun di kawasan Asia Pasifik," ujar Ngasiman melalui pesan tertulis, Jumat, 26 Oktober 2018.


Buku ini, kata dia, merupakan bentuk sumbangsih pemikiran dan apresiasi pada Jokowi-JK. Terutama untuk kinerja dan capaian dalam kurun empat tahun memimpin Indonesia.

"Buku ini bertujuan untuk membantu pemerintah menyosialisasikan berbagai prestasi dan kerja nyata yang sudah diraih dan dilakukan Pemerintahan Jokowi-JK," imbuhnya. 

Selain itu, buku tersebut juga sekaligus untuk membangun narasi optimisme kontra narasi pesimisme yang selama ini digulirkan oleh pihak-pihak tertentu. Terpisah, Pengamat Politik dan Keamanan CSIS J Kristiadi mengapresiasi karya tersebut. 

"Buku ini bisa menjadi amunisi untuk melawan kebohongan. Juga untuk menciptakan narasi perdamaian," kata Kristiadi.

Sebagai informasi, buku ini terdiri dari sembilan bab. Bab pertama menjelaskan landasan pemikiran mengapa Indonesia harus opitimis. Bab kedua mengulas tentang revolusi mental, sebuah landasan kokoh komitmen konstitusional. 

Ada pun bab ketiga membahas penegakan hukum yang tegas di era pemerintahan Jokowi-JK. Bab empat membahas tentang terobosan-terobosan tentang pelayanan publik. Dalam bab lima, Ngasiman mengulas pembangunan infrastruktur yang merata dan seimbang sehingga berdampak pada pertumbuhan ekonomi. 

Sementara bab enam mengulas tentang kedaulatan ekonomi rakyat: energi, pangan, dan industri. Bab tujuh membahas bagaimana upaya pemerintahan Jokowi-JK membangun Indonesia dari pinggiran dan mengurangi ketimpangan. Bab delapan mengulas tentang soliditas TNI-Polri dalam menjaga NKRI. Dan bab sembilan berisi tentang rekomendasi pasca-Nawacita.



(DMR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id